Wednesday, March 16, 2011

Hypnobirthing?

Hari Minggu kmaren gw & mas sempet2in dateng ke acaranya Selamatkan Ibu (demi ikut cara ini, mas harus ijin ke kantornya karna hari itu dia sebenernya harus handle pameran dari pagi), tentang seminar Hypnobirthing.

Gw sering denger sih istilah Hypnobirthing ini, yang slogannya: melahirkan tanpa rasa sakit. Wooww, jadi pnasaran. Ya iyak, secara gw kan sensitip banget sama yang namanya sakit2 --" Mau banget sih kalo ngelahirin tanpa rasa sakit. :D

Didorong sama rasa curious pulalah gw daptar. Untuk couple, mesti bayar 200rb (100rb/org), ini harga promo kalo daptar di bulan Januari. Iyak, gw daptar dari bulan Januari loh. Namanya juga pnasaran kan? *chin up*

(Setelah penantian yang panjang) tanggal 13 Maret kemaren datenglah kita ke event itu. Tempatnya di Lemon Oriental Kitchen di daerah Tebet. Di imel konfirmasi dari penyelenggara udah di-attach peta lokasinya, tapi emang dasarnya kita berdua tukang nyasar (+ ndableg baca peta), tetep aja lah ya kita muter2 ga keruan tu di sekitar Tebet Raya, Tebet Barat, wth. Nyampenya telat d. *mewek* 
Untung telat bbrp menit doang. Fuiihh.*lap kringet*

O iya, gw dapet info event ini dari temen gw yang istrinya hamil juga,
Hypnobirthing by Selamatkan Ibu

Gw ikut yang topik ke-2, terdiri dari 2 sesi ternyata. Sesi 1, "Sehat selama hamil" & Sesi 2, "Hypnopregnancy".

Sesi 1, "Sehat selama hamil" 
Sesi 1 pembicaranya dr. Sophia Hage. Intinya sih ngedorong ibu2 hamil buat tetep olahraga selama hamil supaya fisik lebih kuat & meningkatkan stamina utk persiapan kelahiran. Gw, yang di trimester 1 stop total olahraga, kayak ketampar2 gitu, hihihi. Ya ga telat juga kok buat mulai olahraga di trimester kedua inih. *menguatkan niat* Olahraga yang paling aman buat bumil, katanya, jalan kaki, basic stretching (di kantor pun bisa), & berenang. Dengan frekuensi 2-3x seminggu. Pas sesi tanya jawab, gw smangat angkat tangan doonggg. Pertanyaan gw tentang:
1. pijet hamil (pengen banget tapi parno)
Boleh, asal dipijet sama terapis khusus hamil. Karna mereka yang paling ngerti tentang titik2 mana yang aman untuk dipijet. Jangan sembarang pijet sama tukang pijet kecuali kita bener2 yakin. Apapun alasannya, perut adalah titik yang ga bole dipijet untuk bumil.
2. ngulet yang katanya ga bole buat bumil (kebiasaan tiap pagi)
 Boleh kok, asal ga lama2 nguletnya, paling beberapa detik aja kan. kalo pegel2 duduk di kursi kantor, juga bole pake posisi ngulet, tapi ngulet sambil duduk (angkat tangan keatas, punggung tegak, kaki tetep lurus).
3. olahraga apa yang bisa dilakuin buat bumil yang kerja Monday to Friday?
Posisi stretching seperti ngulet (sambil duduk di kursi kantor, as explained above), + jalan kaki pagi tiap wiken. 

Sesi 2, "Hypnopregnancy". 
Sesi 2 pembicaranya Evariny. Terkenal banget orang ini di internet sebagai terapis Hypnobirthing.
Intinya tentang bagaimana me-manage alam bawah sadar kita untuk mendorong kita lebih relaks & tenang selama kehamilan & proses melahirkan.  Gw takjub banget sama metode-nya. Kita dikasih pendulum buat praktekin 'menggerakkan pendulum dengan kekuatan pikiran tanpa menggerakkan jari2 kita'. And it works, pendulumnya gerak aja gitu, kanan-kiri & muter2. Satya apalagi, heboh bener, kenceng banget gitu gerakan pendulumnya. Cengar cengir deh dia. *sigh*

Gw kayaknya bakal ikut kelasnya dia d. Dimulai di bulan Mei sih, skitar 3bulan sebelum due-date lahiran gw, I hope its not too late ya. Secara group calss-nya dia ya adanya cuma di bulan itu. Harganya si lumayan banget yak, tapi demiiiii impian gw lahiran normal, nothing to lose d. *excited*

*siap2 daptar*

*nguret2 duit di dompet*


AARGGHH.

No comments:

Post a Comment