Monday, May 28, 2012

Menjadi Wanita itu Penuh Drama.

Eits bukan bukannn, title-nya bgini bukan artinya gw generalisir kalo semua cewe itu drama queen ya, tapi pasti ada aja drama-nya untuk menjadi "wanita" :)

Wanita disini definisi gw adalah perempuan dewasa yah. *disclaimer* :p

Gw masih inget jelas di sore itu gw teriak kenceng pas liat darah njeplak dari celana gw. Yeshh, mens pertama gw di kelas 3 SMP (telat banget? Ember!). Sejak hari itu kayaknya masa2 indah gw maen layangan, maen sepak takraw sama temen2 udah ilang bablas deh. T_T"
Tergantikan oleh sibuknya gw yang gulung koming di tempat tidur meringis kesakitan tiap dateng si "tamu bulanan" ini, plus di"doktrin" mak gw "Udah mens tu ati2 ya, brarti kamu bisa hamil" yang bikin gw parno berat maen sama temen2 cowo gw lagi, karna mamah ga pernah spesifik juga jelasin gimana caranya kok bisa hamil :))
Di sekolah pun hari2 gw mens jadi minggu ga PeDe, karna gw sibuk nanya kanan kiri "Nembus gak?" :p
Sakitnya hari2 pertama tiap "tamu bulanan" dateng pun makin parah tiap tahunnya, sampe pas kuliah kemaren ini (maksudnya beberapa tahun lalu, maap masih berasa muda) gw sampe hampir pingsan di hari pertama mens. @_@

Setelah gw mens, mamah juga seriiiiing banget bilang "Jadi cewe tu biangnya sakit, selain sakit2 perut gara2 mens gini nanti masih banyak sakit2 laen yang harus kamu hadapin sebagai wanita". Gw yang masih piyik mah bengong2 aja ya diomongin beginian :))
Oh iya sebelum nikah juga kan gw phobia banget sama jarum suntik, dan mamah ulangin lagi tu kalimat2 sakti diatas. Ga membantu juga sih, tetep aja triak2 lebay pas disuntik  :D

Oh iya, mamah akhirnya berhasil narik paksa gw ke Obgyn buat periksa sakit perut parah pas mens ini, yang gw awal2 selalu ga mau karna malu diliatin pasien2 laen yang mungkin mikir gw tekdung -______- 
Jadilah ke obgyn, dan divonislah gw ada kista di bagian kanan rahim yang harus diangkat. Damn! Nikah aja belom, masa indung telor kanan dah harus diangkat?! T_T"
Gw bengong, mamah yang langsung bilang NO.
Second opinion ke dokter laen, vonisnya lebih kacau lagi, ada solusinya kok biar kistanya sembuh, ngomong enteng ke mamah:"Cepet2 aja nikahin Bu, banyak kasus kistanya hilang setelah penderitanya hamil." Kamfret, gw baru aja putus, mau minta nikah sama sapa? Sama Sabor (kucing gw) yakalii! T_T"

Sampe pada akhirnya alhamdulillah ga lama kemudian ketemu hubby & diajak nikah taun itu juga :') Eits, bukan karna gw crita gw ada kista trus begging2 minta dikawinin ya. Eh sori dori moriiii! *chin up*
Alhamdulillah-nya lagi pulang honeymoon gw langsung tekdung, & pas periksa ke obgyn ternyata kista gw dah ilang ga berbekas! YAYYYYY! *joget2 muterin komplek*

Tapi ternyata yayy-nya gw cuma sebentar, pas mau lahiran gw baru ngerasain jadi "biangnya sakit" yang mamah slalu gaung2kan dari dulu. Nyerinya periksa dalam buat cek bukaan lahiran, sakitnya induksi, sampe rasa mau matinya nahan kontraksi, dan last but not least jangan lupakan soal cekat-cekitnya pas dijahit :)

Terlepas soal lahiran, tantangan selanjutnya adalah: pasang IUD! *tutup muka*
Gw browsing2 malah merinding sendiri. Akhirnya gw paksa buat ke obgyn & pasang IUD ditemenin hubby. Ga nyaman memang, tapi ternyata.......ga berasa. Cuma 5 menit sambil ngobrol sama obgyn-nya, & ternyata IUD-nya udah dipasang! *senyum bahagia*
Weits, tapi buat program anak kedua nanti tentulah harus balik ke obgyn lagi buat lepas IUD yah? Yasudalah ya anggep aja masih taun depan & taun depannya lagi deh. Dipikir nanti ajalah. Hehehehehe... *manggut2 sendiri* *ngumpet dari hubby*

Di titik gw sekarang ini, gw liat kebelakang, dan gw skarang ngangguk2 ngerti tentang "biangnya sakit" buat wanita yang selalu digaung2in sama mamah. Sakitnya mens, perjuangan ngelahirin, menyusui, pasang IUD, papsmear (soon!), dll. 
Kadang gw mikir, kok ga adil ya cewek2 harus lewatin semua sakit2 ini dulu untuk menjadi "wanita", sedangkan cowok2 untuk menjadi laki2? Wajibnya cuma menafkahi! Ciiih ~
Tapi makin kesini pun gw juga bisa liat betapa susahnya juga menafkahi istri & anak2 yang secara langsung bisa gw liat dari suami gw sendiri. Yang bisa lembur2 sampe pagi & masih punya tenaga buat bangun malem2 tiap Rafi nangis atau gantiin popok tiap malemnya :')

So guys, kalian2 yang sengaja nyakitin hati wanita2 diluar sana, siap2 dapet dosa yang segunung2 ya! Kenafa? Kalian sudah menginjak2 kodrat wanita yang kuat seperti baja karna diwajibkan untuk bisa melewati semua "biangnya sakit" dalam kehidupan. Demi kalian. Demi memberikan keturunan, demi cinta :)

So proud to be a woman, because we're strong! :)

No comments:

Post a Comment