Friday, July 20, 2012

SAHM vs. WM vs. WAHM?

Kepanjangannya?
Stay at Home Mom vs Working Mom vs Working at Home Mom.

Abis baca artikel di The Urban Mama tentang "Every Mom Has Her Own Battle" & gw ga capek2 ngangguk2 dari awal baca sampe akhir. Itu semua bener banget!!!

Gw legaaaaaaaaaaaaaa banget karna ternyata ga cuma gw yang ngerasain kalo ternyata jadi ibu, even dari awal lahiran, itu sering banget dibombardir ke-nyinyir-an ibu2 sekitar! 11-12 lah ya sama perang yang ga abis2nya antara ASI vs Sufor yang bener2 bikin kuping panas, makin kesini mulailah 'perang dingin' antara status ibu2 diatas lah yang jadi perdebatan, akhir2nya seringnya suka jadi sengit sih, halah halah... *tepok jidat*

Gw pribadi padahal ga pernah beda2in temen2 gw yang SAHM ataupun WM, smua pasti ada capeknya masing2 ya tiap hari. Yang SAHM capek ngurus anak yang aktif tiap hari, susah makan, nganter jemput sekolah, belum lagi ngurus dapur, beres2 rumah, dll. Yang WM pun capek brangkat pagi-pulang malem tiap hari, ngadepin macet yang makin parah tiap hari, kerjaan yang ga ada abis2nya sampe lembur2 dan pulang tengah malem. Dan bener banget, jadi SAHM ataupun WM & WAHM ga menjamin anak2nya jadi sukses kok nantinya. Karna banyak faktor kok diluar sekedar "si ibu ada ga dirumah tiap hari?" yang menentukan si anak bisa jadi orang sukses atau gak. Kepribadian, mental, akademis, cara didik, you name it lah..

Apa iya trus Allah cuma kasih surga buat ibu2 yang SAHM? Trus gimana nasip ibu2 WM yang tiap hari lari2 kejar2an sama waktu pulang kantor sekedar untuk maen sebentar sama anaknya sebelum anaknya tidur? Mereka yang bekerja karna ingin semua kebutuhan anak2nya tercukupi dengan lebih baik? Mereka yang bekerja demi anak? Apa mereka ga pantes dapet surga & pahala juga? Let people judge, Allah has His own answers.

Ada dalil menyebutkan, "surga di telapak kaki ibu." Apa iya ada yang menerjemahkan surga itu ada di telapak kaki ibu SAHM atau WAHM aja? Nope.
Surga di telapak kaki (semua) ibu.
Insya Allah.

Dari awal gw balik kerja setelah cuti melahirkan habis, mulai dateng tuh pertanyaan2 dari sesama ibu2 muda yang SAHM: "Kok ga dirumah aja ngurus Rafi?", "Ga kasian tuh sama Rafi tiap hari ditinggal ibunya?", sampe yang paling nyelekit sampe bikin gw nangis: "Anak dititipin ke eyangnya, sama aja anak eyangnya dong. Ati2 loh nanti Rafi lupa sama mamanya." 
I cried. So bad. Sampe gw totally ngerasa bersalah ke Rafi. Hubby yang denger cerita gw cuma bilang: "Mereka ga tau kan apa yang kamu hadapin, biarin aja. Rafi ga bakal lupa sama mamanya lah, because you're doing great." Dan gw meleleh... :')

 So, for all of you great mommies in this world, keep on going! You know what's best for your children. Our children will surely know that their mommy is the best mommy that they ever had :)

4 comments:

  1. "Anak dititipin ke eyangnya, sama aja anak eyangnya dong. Ati2 loh nanti Rafi lupa sama mamanya."

    >> Ya Alloh jahat banget sih itu yg ngomong kek begituh.... :(((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumahnya mama kan sekaligus toko gitu jeng, jadilah temen2 nyokap sambil sopping skalian nyinyir deh kalo ada gw-nya dirumah :p
      Dia pas ngomong gitu juga gw ga bs jawab apa2, nyengir tapi hati nyessssssssssssss. Heran deh....*geleng2 kpala*

      Delete
  2. "Anak dititipin ke eyangnya, sama aja anak eyangnya dong. Ati2 loh nanti Rafi lupa sama mamanya."

    *GEPLAK YANG NGOMONG GITU*

    Nyokap gw aja waktu gw bayi udah mulai aktif ngajar tiap hari dan kalo siang gw diasuh sama ART di rumah, ga bikin gw jadi lupa nyokap gw kok. Itu ngomong sembarangan; belum pernah disambelin apa ya mulutnya? Huh.

    Bener kalo yang namanya status apakah si ibu itu wanita karir ataupun ibu rumah tangga ga jadi jaminan si anak sukses atau ga. Ada temenku, nyokapnya jadi ibu rumah tangga, adek-adeknya malah jadi manjaaaaa banget. Dikit-dikit minta duit kakaknya dan ga kepikiran buat nabung. Malah jadi ngrepotin orang lain :|

    Sekarang ini doa gw jadi nambah. "Semoga ketika nanti saya tua, saya tidak merepotkan anak-anak saya. Begitu juga dengan anak-anak saya. Semoga mereka bisa menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri namun tidak lupa akan rumahnya." Semoga dikabulkan Allah SWT ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super RT ke doanya! Iya doanya tu bener bgt! Makanya gw heran ya sama ibu2 itu, kalo gw balikin "Udah bener ngurus anak Ibu sendiri?" dia bakal jawab apa ya? :D
      So far sih gw olweis senyumin manis aja, moga2 kuat deh senyum manis terus sama orang2 ni yang kayaknya ga cape2 nyinyir mulu ngomongnya. Ckckckck..

      Gw juga sampe skarang alhamdulillah ga pernah lupa sama nyokap gw, karna meskipun nyokap gw punya bisnis dirumah, blio juga sibuk banget kesana kemari yang jadinya bisa ngobrol pun tengah malem nunggu tokonya sepi :)

      TFS jeng! :)

      Delete