Thursday, November 1, 2012

Rafi Alergi Susu Sapi :(

Iyak. Gw juga bingung.
Rafi udah dari umur 11bulan minum susu UHT, knafa skarang kluar alerginya.
Teng tong.

So, setelah pulang dari RS Kamis sore kmaren, Rafi kan kita lanjutin minum susu UHT nya (which is dia suka banget, minumnya sampe 3botol kalo bobok malem!). Lha kok pupnya ga balik2 ke normal. Lembek aja gitu, meskipun ga cair juga sik. Tapi tetep aja kita deg2an. Kalo diarenya blom sembuh, ga mungkin juga kan dibolehin dokternya pulang kmaren tuh. *garuk2 jidat*

Keinget kata2 Dr. Heru, "nanti 4-5 hari bakterinya ilang sendiri kok,Bu.", jadilah gw & hubby wait & see sampe hari Minggu. Ternyata tetep, pupnya Rafi belum normal juga. Meskipun frekuensi pupnya udah normal sik, 3x shari.

Okelah, Slasa hubby anter Rafi kontrol ke Dr. Heru, sedangkan gw kan harus ke kantor yaaaaaaaaaa. *mencelos*
Darisitu hati gw ga karuan, dari awal hubby crita kalo Rafi berat badannya turun 800 gram (padahal naikinnya mati2an!), ditambah pas baca BBM hubby (yang diperjelas dengan perdebatan di telpon tentunya, hihihihi..), yang intinya: Rafi alergi susu sapi, jadi harus stop UHT-nya & ganti susu soya. 
Ditambah lagi dr. Heru ngelarang Rafi deket2 sama hewan2 berbulu macem: kucing (Sabor apa kabar ituuu!), kelinci (gimanah nasip2 mereka tanpa Rafi yang sering nengokin mereka di garasi), & burung (pliaraannya papa yang ga mungkin gw lepasin dari kandang, kecuali gw mau ga dianggep anak T_T"). Itu karna dokter ngliat histori hubby yang pernah asma waktu kecil. Huhuhuhuhu T_T"

Hubby langsung sore itu juga grasak grusuk cari susu soya, sedangkan gw tetep keukeuh kalo kita harus cari second opinion ke dr. Aryono. Knafa? Karna gw percaya banget sama blio.
Slaen cara ngomongnya enak, kebapakan, santai, teliti & ramah banget (ga pernah tuh kita lagi konsultasi trus diburu2 karna pasiennya banyak). Padahal blio ni pasiennya banyak banget lho. Ngantrinya bisa sampe ngantuk2. Tapi demi blio, gw rela deh, hihihhi..
Hubby tetep pula keukeuh beli Frisian Fl*g rasa coklat (karna Rafi ga suka susu putih, maunya cuma coklat! Duuh kayak mak'e deh. T_T"), meskipun gw minta tunggu aja sampe besok karna gw dah daftar konsultasi ke dr. Aryono besokannya. Yoweslah sakkarepmu mas :s

Kemaren, cus-nya ngadu, pupnya Rafi mencair lagi setelah minum FF coklat itu, dan gw cuma bisa melengos. Malemnya duduk manis di ruang tunggu dr. Aryono. Dari jam stgh 7mlm sampe jam 8mlm baru dipanggil. Yeuk mareeee! Hihihihi.
Ternyata ga jauh beda dari diagnosa-nya dr. Heru, Rafi alergi susu sapi. Tapi blio penjelasannya lebih panjang lebar (which I like!), ga buru2, mau jelasin detail untuk smua pertanyaan kita yang buanyak. Blio jelasin kalo alergi susu sapi pada bayi memang dalam beberapa kasus ga langsung kluar, bisa berbulan2 sampai bertahun2 terdeteksi. Alamak! Gw jadi keinget kalo Rafi pertama x diare tu umur sebelum 12bulan, setelah awal2 minum UHT ini. Tapi anehnya, abis itu Rafi sembuh, ga pernah diare2 lagi sampe kmaren itu. Menipu kan. T_T"
Blio kasih daftar susu2 soya yang bisa dicobain ke Rafi. Pas gw liat merk2nya, gw langsung crita kalo beberapa merk itu susah didapetin. Blio langsung telpon temennya untuk nanya, merk2 tsb bisa dibeli dimana. Baek banget yah :')
Blio juga jelasin kalo papanya ada riwayat asma memang bisa menurun ke anak, makanya harus dijauhkan dari pencetusnya, yaitu: hewan2 berbulu & debu (maree kita gotong royong beberes rumah!). :s

Kluar dari ruangan dr.Aryono langsung mencelat ke Giant, hubby hunting S*M Soya 3. Gw, Rafi & Cus Ida nunggu di mobil sambil makan nasi goreng yang tadi beli di deket RS karna blom makan. Ya ga lucu juga ya kalo maag gw & tipes-nya Cus kumat karna telat makan. T_T"
Alhamdulillah dapet susu soyanya, pulanglah kita dengan hati masih deg2an, karna ga yakin Rafi doyan susu soya. Lha susu soya kan rasanya lebih aneh dibanding susu sapi kan. :(

Malemnya drama dimulai. Rafi sama skali ga mau minum susu soyanya. Yang biasanya kalo dia tidur dijejelin susu UHT dari botol dot bisa abis 3 botol, ini susu soya sama skali ga ada yang masuk. Cuma 1-2x sedot abis tu buang muka + nangis karna masih haus kayaknya. 1 botol itu aja ga abis2 sampe pagi. *mewek + mata zombie*
Jadilah sepanjang malem semalem Rafi nangis ga brenti2. Dikasih air putih juga ga mau loh. T_T"
Mungkin karna kebiasa susu tiap malem ya. Nelangsa gw pas puk2in Rafi tiap nangis, gw elus2 perutnya yang keciiiiill banget. Ya Allah :(
Akhirnya kebobok juga dia karna cape nangis kali ya, meskipun tetep ringik2 tiap beberapa jam. :(

Siang ini susu soyanya mau coba dicampur essence kue (pewangi kue) biar bau soyanya ga terlalu kuat, & hopefully Rafi mau minum susunya. Ini juga salah satu tips dari dr. Aryono setelah gw crita kalo Rafi ga doyan susu putih. :)
Pagi ini temen gw juga mention buat cobain susu kambing kalo Rafi ga doyan juga susu soya. Ehh susu kambing? Macem mana itu baunya?? *tiba2 pusing* :))

Smoga Rafi cocok susu soya-nya, jadi gausah nyoba susu kambing ya, nak..

No comments:

Post a Comment