Friday, April 12, 2013

Cara Didik Anak?

Dari gw hamil muda, hubby & gw udah mulai diskusiin soal cara didik anak kita nantinya. Ga cuma anak pertama, tapi juga (insha Allah) the next ones. Lha kok jadi banyak ya. HAHAHA.. aamin!

Kita berdua punya sifat yang bisa dibilang bertolak belakang. Gw orangnya fanikan & sensitif, hubby orangnya sabar banget, tapi kalo sekalinya marah juga ledakan emosinya gede (hiiy!). Dari banyak literatur yang kita baca, dalam cara didik anak harus ada figur 'polisi' & 'angel'nya. Ya dari karakter kita berdua udah keliatan kan ya, sapa yang jadi polisinya, pastilah bapakke. Hihihihi...

Kita berdua juga datang dari cara didik orang tua yang berbeda pulak. Yang malah bisa dibilang juga bertolak belakang. Kluarga gw sangat keras mendidik anak, berbeda sama kluarganya hubby. Perbedaan cara didik ini sering bikin kita bingung, gimana kita bisa nemuin cara didik kita sendiri ke Rafi. Karena pastinya jadi ada beberapa konflik ini itu ditengah2 kita mulai terapin cara didik kita ke Rafi. Ribut sama hubby? Seriingggg! Dari hal2 kecil deh, jam makannya Rafi misalnya, sampe ke hal2 mendasar contohnya 'Rafi mau sekolah dimana'. Ribut sampe spaneng & punggung2an boboknya. Meskipun ga sampe paginya dah peluk2 lagi sik, mungkin karna tempat tidurnya sempit ya buat bertiga. HAHAHAHA..

Spaneng2nya gw ini sempet gw curhatin ke mamah, heart to heart deh, sampe berlinangan aer mata.
Abis curhat2an sama mamah tentang kebingungan kita berdua membentuk cara didik terbaik untuk anak2 kita, mamah cuma bilang "Mendidik anak itu perjalanan waktu, seiring waktu kamu berdua pasti bisa dapet formula terbaik yang diadaptasi dari perkembangan jaman, sharing sama ibu2 yang seumuran, dan pastinya juga dari contoh cara didik orang tua kalian masing2." Dan satu yang gw garisbawahi banget malem itu adalah kata2 mamah "Ambil positifnya dari cara didik masing2 keluarga, dan buang negatifnya." :P

So....mulai skarang kita mau terapin cara didik anak mengambil contoh dari kombinasi positive sides masing2 orang tua kita. Ga ekstrim keras, tapi tegas untuk bisa melatih kemandiriannya Rafi. Bapakke yang jadi 'polisi' juga sering tegas disaat2 Rafi ngerengek yang kadang dalam hati bikin gw ga tega, tapi milih diem. Karna memang betul, didepan anak kita harus kompak, di 'belakang layar' sih terserah ya mau ribut sampe lempar2an bantal skalipun :))
Mulai kliatan juga kalo Rafi bisa ngeh sama posisi 'polisi' & 'angel' ini, dari tiap kali 'diomelin' bapakke larinya ke emaknya. Minta gendong trus nyender sesenggukan. Huhuhuhu..
Kalo brantakin apa2, bapakke melotot, dia langsung lari juga ke emaknya. Gw elus2 trus ajarin deh buang2in ke tempat sampah biar lebih rapi. Hihihihi....
Boboknya juga skarang maunya nemplok sama emaknya muluk, kcuali emaknya ga ada, baru deh ke bapakke. HAHAHAHA JADI CADANGAN :))
Oh iya, kayak kmaren juga, Rafi sempet tantrum nangis kejer tidur2an di lantai. Gw & bapakke kaget, tapi sok cool aja. Bapakke cuekin dia, gw-nya duduk disebelahnya nyodorin tangan sambil bilang "Rafi kalo nangis kayak gini, mama ga tau maunya Rafi apa loh. Yuk berdiri, tunjukin mama Rafi maunya apa." Kadang mau, kadang juga makin kenceng nangisnya :))

Smoga kita makin canggih menerapkan 'perjalanan cara didik' ini ya. Aamiin :P 

Niweiii, nemu foto gw waktu kecil, di-edit tempelin sama foto si krucil. Mirip ga? :P

Mama & krucil :))

No comments:

Post a Comment