Friday, April 12, 2013

Thanks to My Parents :)

Jadi keinget sama mamah & cara didik beliau, setelah kmaren ngeliat sendiri gimana ngerinya cara didik itu bisa menjadi 'senjata makan tuan'.
Temen gw, temen yang cukup deket sama gw, skarang udah kerja & posisinya sudah cukup bagus. Dia anak satu2nya, skarang menjadi tulang punggung tunggal untuk kluarganya karna orang tuanya udah pensiun. Gw tau banget, kalo dulu pas skolah, temen gw ini cukup dimanja. Semua keinginan dia slalu diiyain, sampe blanja2 tas, sepatu & hang out-nya masuk kalangan high class deh. Kmaren ini, lagi asik2 ngobrol sama gw, tiba2 dia bentak nyokapnya yang lagi lewat depan dia "MA, JAM SEGINI KOK BELUM MASAK SIH? GIMANA SIH, GA TAU APA AKU UDAH LAPER?!". Gw kaget sampe jantungan, lebih setres lagi pas liat ibunya cuma ngomong iya terus ke dapur, masak. Pas gw tegor dia, dia cuma bilang "Ih biarin aja, skarang kan gw vit yang kerja, semua keperluan rumah juga gw yang bayarin!". Lah terus apa iya karna lo semua yang penuhi kebutuhan orang tua lo, lo skarang bisa perlakuin mereka kayak pembantu?
Masya Allah. Ga lama darisitu gw udahan ngobrolnya, langsung ga napsu lanjutin ngobrol.

Makin kesini, makin banyak istilah 'orangtua diperbudak anak', 'orangtua mengikuti kemauan anak', dll. Dunia apa udah kebalik2 ya? Prasaan jaman gw dulu, karna orangtua yang kerja mencari nafkah, jadilah anak2 yang harus menuruti & menghormati orangtua. Skarang trennya udah berubah ya? *elus2 dada*

Kmaren ini gw curhat soal cara didik anak ke mamah, dan kita tuker pikiran malem itu.
Mamah pun akhirnya cerita knafa mamah & papah terapin cara didik yang keras ke anak2nya, mostly karna mereka pengen mempersiapkan gw & adek gw, Bram, untuk mandiri, berdiri tegak tanpa dukungan orangtua secara fisik maupun materil. Mandiri, ga nyusahin orgtua pas orgtua udah sepuh2, gitu katanya. Mamah crita juga gimana di 'belakang layar' papah & mamah sering juga ribut kalo ada keputusan mereka yang ga kompak soal anak. Gw jadi baru tau, kalo dulu pas gw diskors bawa mobil pas SMA, bokap nyokap ribut di kamar karna papah kasih kunci juga akhirnya karna kesian liat gw mau pergi les jauh2 naek angkot :))
That's why ya, gw ga pernah liat mereka ribut depan gw tentang hal2 mendidik anak kayak gini. Ternyata yaaaa, di kamar dong ributnya yang pake peredam kali sampe ga kedengeran :))

Kluarga gw alhamdulillah kluarga yang berkecukupan. Tapi di kamus didik mamah, ga ada istilah 'berlebihan'. Mungkin profesi mamah sebagai wirausaha yang membentuk itu. Jualan batik sampe akhirnya terima jahitan butik dirumah dirintis mamah dari nol. Gw saksi matanya, yang liat gimana perjuangan mamah cari duit buat kita, bangun network, sampe bisa establish kayak skarang. Alhamdulillah mamah menuai hasilnya skarang, dari menanam bibit bertahun2. Gw jadinya besar seiring tumbuhnya usaha mamah. Jadi anak pengusaha lah istilahnya, yang udah biasa anter baju2 jaitan ke temen2 mamah sharian & lipetin daster2 & batik2 yang segunung malem2 pulang skolah ngantuk2 juga pernah :P

Disaat temen2 gw wiken jalan2 ke mal, gw malah lebih sering nemenin mamah blanja kain di Mayestik atau nyari bros2/manik2 di Mangdu. Seru + capek banget, tapi berkesan banget sampe skarang. Darisitu gw jadi ga berani untuk minta uang buat jalan2 ke mal atau blanja2 tas & sepatu kayak temen2 gw waktu itu. Ga tega, liat perjuangan mamah jualan, dibandingkan sama gw yang masih skolah & kuliah yang bisanya cuma minta duit kan. Jadilah tiap kepengen punya tas atau sepatu baru harus nabung dulu dari uang jajan.
:P

 Meskipun mobil dirumah lebih dari satu, ga juga bikin gw jadi bebas pake mobil tiap hari. Peraturannya 'pake mobil harus isi bensin & pulang tepat waktu' bikin gw jadi lebih tau diri kalo pake mobil. Eh seringan malah nebeng temen2 sekampus atau malah pilih naek bis komplek atau angkot & bisa nabung duit jajan daripada abis buat bensin & tol. *medit* :))

Pas kuliah akhirnya karna makin banyak kepengenan beli ini itu, gw buka bisnis online shop di FB. Alhamdulillah darisitu profitnya bisa buat beli2 tas & sepatu hampir tiap bulan. Bangganya lagi, pas mamah heran trus tanya "dapet duit buat beli2 ini semua darimana kamu?" :))

Pas skripsi juga pengennya cepet2 lulus biar bisa cepet2 kerja, cari duit sendiri. Cita2 gw waktu akhirnya lulus tepat waktu saat itu adalah pengen kasih duit ke mamah kalo gajian. Alhamdulillah gw bisa wujudin itu ke mamah, dan nangis hepi pas liat mamah terimanya berkaca2 gitu. Hihihihi... super bangga waktu itu :)
Alhamdulillah alhamdulillah..

Namanya 2 kepala, pasti jugalah pernah ribut. Gw sama mamah juga termasuk seriing banget ribut. Mamah prinsipnya 'semua harus terbuka', jadi gw pun biasa langsung bilang 'ga setuju' kalo memang ga setuju sama keputusan mamah. Proses diskusi dari adem sampe panas juga pernah, diem2an paling lama 2hari, trus abis itu ya normal lagi. Tapi ya itu, mungkin karna kebiasa diskusi & 'terbuka', gw malah ga pernah berani bentak2 apalagi debat kusir sama mamah. Pernah suatu kali gw emosi debatnya, mama trus diem & nangis. Duuh rasanya super bersalah waktu itu. Besoknya langsung minta maaf. Ampun ya Allah :(
Setelah itu jadi kepikiran terus, huhuhuhu..

Setelah sesi curhat sama mamah malem itu, gw jadi bersyukur banget udah dididik secara keras & tegas sama papah mamah. Mungkin kalo gw ga dididik seperti itu, gw ga bakal bisa kayak gw yang skarang. Dan mungkin banget gw ga bisa survive dalam kehidupan pernikahan yang pastinya berbeda sama kehidupan gw pas masih 'diatap' orang tua. Alhamdulillah skarang meskipun blom punya mobil pribadi (mobil yang beli dari duit sendiri ye, kalo mobil dikasih orang tua sih ga diitung, hihihi), gw juga udah kebiasa kalo harus pulang kantor naek KRL, angkot, kopaja ataupun ojek. Alhamdulillah ga ngalamin 'drama kehidupan setelah menikah' yang gw baca dari artikel2, sampe ada cewe yang nangis2 harus ngalamin 'turun' lifestyle karna setelah nikah harus naek angkutan umum. Well, well, well, once again thanks to my parents :)
Ga kaget juga kalo harus budgeting ini itu apalagi skarang ada Rafi (biaya anak itu harus jadi prioritas dalam budgeting loh), jadi ngurang2in jalan2 berdua & blanja ini itu. Dan bisa ikhlas kurang2in blanja demi anak tercinta yang mulai banyak printilannya. Hihihi...
Alhamdulillah :)

With this post I just wanted to say 'Thank you' to my parents, who taught me well about how to be independent, to be a strong woman & the ability to struggle in this new world. If I don't have you, I won't be able to be ME.
I hope I can make you proud, someday...
Love you both. 

No comments:

Post a Comment