Thursday, June 13, 2013

Rafi Kejang :'(

Harpitnas bulan lalu ga seindah biasanya. Biasanya kan smangat pulang kantor karna males juga pas brangkatnya (HAHAK!), eh bulan lalu harpitnas hari Jumat itu sharian feeling gw ga enak aja.
Dari Kamisnya emang Rafi udah anget2, yang tetep gw minumin Tempra 6jam sekali (karna angetnya naiknya cepet banget setelah efek Tempra ilang), dan gw pengalaman kalo bawa Rafi ke dokter sebelum 3hari angetnya, most of the time dokternya slalu bilang "observasi dulu ya Bu 3 hari kedepan, kalo masih anget juga kita tes darah." Ok lah, dirumah dulu aja observasi 3 hari ini.

Gw pulang jam 6an sore, Rafi angetnya udah tinggi banget, 38.5 derajat. Gw itung dia bisa minum Tempra masih jam 8 malem, gw udah makin ga tenang. Jadilah jam 7an malem gw & hubby bawa dia ke dokter deket rumah.
Dokter langganan nyokap ini santai banget, cuma suruh kita beli obat ke apotek, dan lanjutin minum Tempra. Gw ga yakin, tapi karna ini dokter langganan gw akhirnya manut aja. *gigit2 kerah baju*

Kluar dari rumah dokter ini, kita ber3 langsung ke apotek komplek rumah. Di apotek Rafi masih ceria, jalan2 ksana sini & nunjuk2 obat2 dalam etalase. Tiap menit gw pegang jidatnya, panas banget! Cepet2 abis dapet obatnya kita jalan pulang. Gw dah wanti2 bilang ke mas kalo sampe rumah Rafi harus minum Tempra lagi (karna jadwalnya jam 8 kan, pas jamnya).

Dijalan pulang dari apotek kerumah (yang kira2 cuma 15menit-an), bakal jadi detik2 yang kita berdua ga bakal lupa. *masih merinding ingetnya :'(*
Di mobil, Rafi (yang duduk gw pangku) tiba2 anteng, duduk tegak ga ada suaranya. Padahal detik2 sebelumnya dia masih nunjuk sana sini (kayak biasanya). Gw curiga.
Gw tarik badannya biar nyender ke gw. DAN JANTUNG GW RASANYA BRENTI DETIK ITU.
Rafi matanya keatas dua2nya, tangan & badannya kaku, gerak2 ga beraturan!
RAFI KEJANG!
Gw udah ga sadar lagi gw ngapain pas liat Rafi kayak gitu.
............................................................
Yang gw inget cuma gw triak2 sambil nangis kejer.
Hubby langsung brentiin mobil di pinggir jalan, ambil Tempra di tas & paksa cekokin Rafi Tempra (yang tnyata susah banget, karna giginya gemeratuk & nutup rapet banget).

-In this time period, i couldn't feel my heartbeat, my voice & my body. All I can think was, I would do anything to make sure that he will be alright. That's all.-

Setelah itu hubby langsung tancap gas ke RS H, RS khusus ibu & anak itu.
Permasalahannya, jam itu adalah jam macet sepulang kantor. Dan dari rumah kita ke RS itu normalnya aja 20menit, bayangin aja kalo macet brapa lama!
Dijalan kearah RS, Rafi kejang lagi 2x.
Yang refleks gw lakuin liat Rafi kejang adalah: masukin jari telunjuk gw ke sela2 gigi Rafi. Karna seinget gw kalo anak kejang harus ditahan pake sendok disela2 giginya karna giginya nutup rapet2 gemeratuk gitu macem kedinginan. Beberapa kali gw triak2 kesakitan, karna jari gw digigit Rafi kenceng banget! Gw tau Rafi ga sadar ngelakuin itu. Berkali2 teriak sampe akhirnya gw ga tahan juga, gw tarik jari gw, dan gw masukin lagi, gitu berkali2. Gw cuma bisa nangis kejer, istighfar (kayaknya masih banyakan nangisnya sih), cium2in Rafi sambil meluk2in dia, & triak2 fanik tiap ada angkot/motor yang lambat jalannya didepan mobil kita.
Gw rasanya udah ga bisa mikir, otak gw beku. Pikiran gw smua yang jelek2 aja.
Gw ga bisa hidup tanpa Rafi, gw takut kalo Rafi knapa2, gw ga siap kehilangan anak gw, dan sbagainya. Slama perjalanan itu gw cuma bisa nangis melukin Rafi sambil memohon dalam hati sama Allah supaya Rafi bakal baik2 aja.
Gw berusaha banget ga liat mukanya Rafi, karna gw udah ga tega liat keadaan anak gw yang kecil & imut badannya harus ngrasain kejang karna suhu badannya terlalu panas.
Hubby juga nyetirnya udah macam orang gilak, ga brenti bunyiin klakson sampe diliatin orang2. Kita udah ga peduli, yang penting Rafi cepet sampe RS!

Akhirnya setelah klakson sana sini & nyetir grasak grusuk, sampe juga di RS. Brenti di lobi, dan gw langsung lari sambil gendong Rafi yang udah lemes banget. Ga peduli juga diliatin ibu2 di lobi.
Masuk IGD, langsung triak ke suster2 "Anak saya kejang!"
Suster2 langsung cek suhu, dan cek pake stetoskop, dan gw duduk lemes disamping Rafi yang juga lemes ga ada suaranya. Matanya kebuka tapi tatapannya kosong. Gw panggil2 juga dia ga noleh. Gw masih aja cuma bisa nangis sambil pegangin tangan Rafi. Berasa ga berguna banget..
Disini gw juga sempet nyalahin diri sendiri, knapa ga nurutin feeling gw dari awal, knafa ga langsung bawa ke RS aja, knafa ga dari siang cek ke dokter, bla bla bla.
Cek suhu, tnyata suhu badannya Rafi udah 39derajat! Masya Allah..
Ga lama darisitu, suster2 dateng buat pasang infus ke Rafi. Rafi yang trakhir pasang infus nangis histeris, kali ini cuma ringik2 pelan aja. *cuma bisa elus2 tangan Rafi*

Maafin mama nak..

Ga lama hubby dateng, gw bisa liat matanya bengkak, ooh tnyata dia nangis juga..
Jarang banget liat hubby nangis, karna dia orang yang santai & tegar banget. Tapi kali ini tnyata dia sama kayak gw, netesin air mata juga :'(
Disaat gw masih 'mengambang', hubby udah sigap langsung telpon eyang2nya Rafi buat ngasih kabar keadaan Rafi. Sms Cus Asih juga buat siap2in baju Rafi, & baju2 kita buat dititipin ke mamah, karna dokter jaganya udah confirm kalo Rafi mesti rawat inap.

Pas gw udah agak tenang, baru sadar, jari telunjuk gw (yang bekas digigit Rafi slama kejang) udah bengkak sampe ungu. 

Stengah jam kmudian mamah & papah dateng, mamah juga langsung nangis pas liat keadaan Rafi.
Mamah ngingetin gw kalo dulu waktu gw kecil gw juga kejang, pas suhu badan gw 39derajat. Persis kayak Rafi kali ini. Dokter jaganya juga nanya, apa orang tuanya ada histori kejang, dan gw sadar kalo harusnya kita lebih aware lagi soal potensi kejang ini, karna gw dulu pernah kejang juga. Histori kejang dari orang tua bisa berpengaruh ke anak.
Astaghfirullah..

Malemnya Rafi langsung masuk ruang perawatan, Rafi udah lebih tenang, bisa tidur juga, seranjang sama emaknya yang ga lepas melukin dia. Gw & hubby sampe malem itu masih ga banyak bicara. Kita berdua masih shock.
Dan pas gw mau tidur itu gw baru sadar kalo mata gw sakit, mungkin karna bengkak.
..................................................................................................................................................

Jumat malem, malem pertama di RS :'(


Bobok harus ngerungkel sama emakke


Udah bisa pose (please ignore muka bapakke yang setres) :))

Asik main2 meskipun masih diinfus :(

Dijenguk Titi (Yangti)

Emakke curi2 cium :')

Singkat cerita, dari Jumat malem Rafi 'nginep' di RS, alhamdulillah Senen sore udah boleh pulang. DSA kasih kesimpulan kalo kemarin itu Rafi kena virus, karna cuaca pancaroba & kmungkinan besar karna tangan Rafi lagi dalam fase masuk mulut. Megang2 apa2 trus masuk mulut. HIH.
Dan emang lagi musim sakit kayaknya, kamar2 di RS ini aja sampe penuh, dan dari obrolan kanan kiri banyakan anak2 yg sakit juga karena virus. T_T"

Yasudahlah yang penting Rafi udah boleh pulang deh. Dibekelin sama obat dari anus untuk pertolongan pertama kalo kejang lagi dari RS. *amit2!*
DSA juga wanti2 kita sebelum Rafi pulang "Jangan sampe Rafi kepalanya terbentur ya!". Waduh PR banget ini, secara ya Rafi tu kan kalo maen aktif banget. Seriiinggg banget tiba2 dia ringik2 tnyata kejeduk. Masa iya dipakein helm aja drumah?!

Hati emak & bapakke ini tenang. Hepi lagi sambil uyel2 Rafi yang udah ceria lagi, udah criwis lagi, udah lari2 lagi. Tapi kita ga pernah tau ya rencana Allah, tnyata beberapa hari lagi ada musibah lain dateng......


No comments:

Post a Comment