Sunday, August 3, 2014

Karena Hidup Adalah Prioritas.

Ok, post yg nyoba serius dikit kali ini, kalo mau baca yang santai2 skip this post ya :)))

Ini sebenernya slogannya mamah sih, yang gw udah ribuan kali denger, jadi smacam di-doktrin sik. Sebelum merit denger slogan ini diteriakin mamah di-iya2in aja, tapi kayaknya ga dihayati ke hati. Terima gaji bisa langsung jalan2, makan2 lucu (ini istilah gw buat nongkrong2 sambil ngemil2 makanan yg sebenernya ga penting, but i can't help it!), dan tentu saja..shopping. Ya kayaknya smua cewe suka shopping ya. Pasti suka kan? Iya kan? *maksa* :)))
Ya shopping kan ga harus baju, bisa aja shopping hobi yang lain, misal shopping sepatu, perhiasan atau tas. EH sama aja yak? Hahaha. Bukan bukan, maksud gw bisa aja kan senengnya beli2 yang berhubungan sama hobi, bisa aja make up, kamera, gadget atau yang laen. Intinya, tetep aja: SHOPPING.

Untungnya masa2 jaya bergaji & belum bersuami ini gw masih bisa nabung. Yah ga terlalu feeling guilty deh :))
Intinya, gw belum ngerti inti slogan 'Hidup Adalah Prioritas' sampe gw masuk ke gerbang pernikahan. *ceilah* *geplak*

Setelah merit, pelan2 gw mulai ngerti. Baru gw bisa liat, sekeliling gw banyak yang menjalani hidup mereka dengan prioritas mereka masing2, yang sering bikin gw bengong bingung.

Andaikan kita punya dana yang tidak terbatas ya (duit ga berseri), we can buy everything. Realistisnya, ga mungkin kan, itu makanya dalam hidup kita pasti ada prioritas, dana kita yang terbatas itu mau dibeliin apa. EH, ga juga deng, even temen gw yang tajir dari lahir, yang mungkin bener punya pohon duit, juga tnyata punya skala prioritas. Jadi ga harus orang yang punya duit rata2 kan. So, sederhananya gitu deh logikanya. Everyone needs to set their priority in life.

Gw liat, ada keluarga yang milih beli mobil MPV mewah buat kluarganya daripada beli rumah. Jadilah mereka pilih ngontrak rumah & punya mobil pribadi. Atau ada juga yang milih beli mobil pribadi, dan tinggal sama orangtua. Itu dari sisi kehidupan berkeluarga ya. Skarang coba kita liat dari sisi kehidupan personal. Ada orang yang milih beli baju, sepatu dan barang2 fashion lainnya yang branded, tapi makan ngirit2, atau malah milih ga makan tapi dia bisa shopping branded stuffs. Ada juga orang yang milih beli make up yang bikin tongpes, dan pake baju2 atau tas dari ITC. Ada pula orang yang milih makan enak dan resto2 mahal, tapi beli dompet aja nawarnya kayak beli cabe. Hey, it's all about how you set your priority in life.

Baru deh gw sadar. My mom is right. Dalam hidup kita harus smart, bukan cuma pinter ya tapi smart, dan salah satunya smart in deciding our priority.
Darisini gw baru blajar, dari setting prioritas inilah, kita bisa punya tujuan nabung itu buat apa. Kalo kita ga ada prioritas hidup, bingung jg kan nabung buat apa? Wong maunya banyak :))

Jadi inget, dulu awal2 merit megang duit dari tabungan yg seada2nya waktu itu, dan bingung mau beli rumah atau mobil. Bersyukur banget punya mamah yang 'investment-minded', dan blio dorong kita buat beli rumah. Ragu juga karna duit cash kita cuma cukup buat DP, jadi sisanya harus KPR (dicicil bok! Bunganya jgn ditanya deh *mewek*). Skarang kita berdua bersyukur banget kita putuskan buat beli rumah. Rumah piyik yg kita beli 3th lalu itu, harganya udah naik jadi 2x lipet! *teriak histeris* Yah andaikan kita ga beli waktu itu, skarang udah ga mungkin rumah itu kebeli deh. *lemes*
Bener kata mamah waktu itu, 'Rumah itu harganya naek terus, kalopun rumahmu nanti2 dijual harganya pasti naek. Kalo beli mobil, harganya mahal skarang, tapi setelah dipake bakal turun harganya, pas dijual lagi pasti harganya turun dari beli baru. Jadi secara investasi, bagus mana?'. Thank you mom, for helping us making our priority that day.

Dari sisi 'setting prioritas' inilah kita bisa hidup dengan lebih terarah, bijak dan menahan diri. Hidup di kota besar kayak gini, bahaya banget kalo ga punya skala prioritas. Bawa duit 2juta ke mol aja bisa banget kok abis dalam waktu 1jam. *ngeri* *ngangguk2 kenceng banget*

Dulu sebelum merit, duit pas gajian langsung gw split ke 2 rekening. 1 rekening tanpa atm card, itu yg buat nabung. Satu lagi rekening yang likuid, dengan atm card. Setelah itu dapat ditebak kan, duit yang di rekening likuid itu abis bisss ludess buat sehari2 + jalan2 + shopping + laen2 lah faktor pendukung tingkat pergaulan. HAHAHA. *ktawa miris*
Untung ada rekening tabungan itu, kalo ga malu banget deh pas mau merit ga punya tabungan sama skali -_-
Padahal gaji gw dari pekerjaan pertama itu termasuk tinggi diatas rata2. Mau taroh dimana ini muka kalo mamah sampe tau gw ga punya tabungan? *garuk tanah* *buat kabur*

Gw nulis post ini bukan brarti skarang gw (personally) atau kluarga gw udah punya skala prioritas yang perfect, tapi minimal kita udah mulai menghayati slogan 'Hidup Adalah Prioritas'. Alhamdulillah lagi, hubby mau blajar bareng buat make it happen

Gw nulis post ini pure karna gw pengen sharing. Buat bantu ngingetin tujuan hidup temen2 apa, skala prioritas hidup kalian apa, it's ok to loose a bit (having fun is necessary!), tapi jangan sampe kebablasan & menyesal akhirnya karna udah ngorbanin prioritas2 lain yang lebih penting dalam hidup kita :)

Slamat setting prioritas yah! :)
*lanjutin bikin expense log bulanan*

No comments:

Post a Comment