Monday, August 31, 2015

Hijab is Tough. However, It's Worth It.

Ga kerasa udah hampir 4 taun pake hijab. Dari November 2011 sampe skarang perjalanan gw berhijab berwarna benerrrr. Gatel pengen post tentang 'rasanya berhijab' ini setelah banyaaaaakk banget temen2 gw yang berniat berhijab tapi masih ragu & temen2 'new comer hijabers' (yang baru berhijab) curhat ke gw tentang ketakutan2 & perasaan mereka tentang hijab. Akhirnya skarang gw bisa post ini juga, setelah 'perang batin' juga nih 😀😀😀😀
Disclaimer: ini post panjang benerrrr. Kalo takut ngantuk, minum kopi dulu yak 😝😝😝

Gw berhijab ini sebenernya karna 'kena batunya' sik. Jadi gw ngrasain on the bottom of my life setelah pake hijab (awal2nya). Intinya, gw putusin berhijab setelah gw ngrasa dapet 'hidayah' yang bikin nyesek senyesek2nya, mungkin karna gw orangnya ngeyel banget ya. Meskipun hubby & mama udah nasehatin berkali2 untuk pake hijab, gw tetep aja keukeuh gamau dgn beribu alesan. Ya maklum ye, rambut gw lagi bagus2nya waktu itu, jadilah lagi rajin2nya nge-blow rambut. Stupid reason, i know! 😴😴😴😴😴😴
Mungkin karna itulah datengnya hidayah ke gw itu berkali2 dan makin nyesek setiap harinya 😨😨😨
Akhirnya, di hari ke-3 gw pake hijab dengan ketakutan. Oke okee, gw janji detail tentang hidayah gw ini gw post terpisah ya. Ngalahin komik kalo gw critain dsini jugak. Gw berdoa buat smua temen2 gw, jangan sampe dapet hidayahnya macem gw yak. Amiin! *cium sajadah*

Nah, awal2 berhijab, kan banyak orang bilang "Pake hijab itu berat loh. Banyak yang pake hijab trus buka lagi karna ga kuat tuh!". Ga bener tuh, soalnya awal2 berhijab buat gw tuh BERAT BANGET, gak berat aja. 😧😧😧😧😧😧
Nih ya, gw kasih per poin deh biar makin jelas knafa gw bisa bilang pake hijab awalnya tuh BERAT BANGET:

1. Komen dari sekitar mayoritas negatif.
Mungkin ini tergantung lingkungan masing2 ya. Tapi dalam kasus gw, dimana gw maennya sama siapaaaaaaaaaaaa aja tanpa liat unsur agama, ras & level apapun, jadilah komen2 yang kluar macam gini nih: "Ga cocok loh vit pake jilbab, jadi aneh muka lo.", "Kok abis pake jilbab lo jadi kliatan tua bener yak?", "Widiihh dalam rangka apa nih pake jilbab, lagi tobat lo?", "Ga salah nih vit? Vitri yang gw kenal pake jilbab? HAHAHAHAHA!", "Yahhh lo pake jilbab, ga bisa nongkrong2 & seneng2 lagi dong bareng kita.", "Harusnya lo pake jilbab tu nanti aja, kalo anak2 udah gede tuh!", "Wah lo skarang maennya ke pengajian dong nih, gantiin ibu2 pengurus mesjid. HAHAHA!", "Harusnya lo tuh pake baju kayak gini nih," *nunjuk bajunya tank top* "Daripada pake baju gitu, panas banget gini!", "Pake jilbab tu kuno, ga ngikutin jaman. Buat apa pake jilbab kalo klakuan minus, ya kan?".
Buanyak kan komennya? Believe meee, itu blom smuanya. Yak kira2 baru setengahnya lah 😨😨😨 dan itu komen2 bukan cuma dari temen2 loh, sampe orang2 terdekat jugak.  I cried...... a lot. Hubby pulang kantor sering banget melukin gw sampe ngantuk kali ye, dengerin curhatan gw sambil sesenggukan gak kelar2 😩😩😩😩😩😩

2. Abis pake hijab, ngrasa bentuk muka macem alien.
Gw pernah denger kata2 ini: "Berhijab itu adalah cantik di mata Allah, bukan untuk cantik di mata orang lain".
Okelah, tapi knafa gw liat muka gw sendiri didepan kaca macem alien?? Kepala berasa gede bener, jidat jenong & muka kucel bener. Padahal udah pake hijabnya ala2 hijabers kondang tuh, nonton tutorial via utube sgala. Tetep ga brubah, tetep aja macem alien 😭😭😭😭

3. Dijauhin temen2.
Balik ke nomer 1, karna gw berteman sama siapa aja, so...Jadilah ada pro & kontra liat gw berhijab. Dari yang sering ngajakin ngumpul ga pernah ngajak lagi, gw ajak chat pun jawabnya pendek2. Ada yg pas akhirnya ketemu cuma ngeledekin doang, yang bikin gw males 😩 Ada yang parah2nya, nulis di sosmed ledekan tentang hijab padahal gw masih jadi friend-nya dia! Pas gw tegor, dia ga bales 😝😝 trus ga pernah ngajak ngobrol lagi pas ketemu. Banyakan temen2 juga yang dulunya seru2an bareng, pas ketemuan lagi malah jadi cuek & misahin diri. Gw sempet setres, ngrasa gak punya temen. Mewek2 lagi. *mewek mulu lo, ah!* 😂

4. Keringetan. BANGET.
Yak namanya juga biasa pake lengan pendek, skarang mesti pake lengan panjang & kepala ditutup rapet pulak. Keringetannya bukan cuma di badan, tapi di kepala jugak. Aargh! *garuk2 rambut dlm hijab*
Truss..cari sampo yang paling bagus, kramas sering2 😁😁😁😁

5. Perubahan suasana di kantor.
Bos gw pas hari pertama gw berhijab, dia noleh sampe patah berkali2. Mau ngakak sik, tapi gw sok cuek aja. Sampe akhirnya dia nanya: "Ada pengajian vit hari ni?" *kejungkel dari kursi*
Pas gw bilang gak, dia nanya lagi dengan muka sok cool padahal kepo abiiss: "Sampe kapan nih vit berjilbab? Seterusnya atau...."
Me: "Seterusnya pak. Insha Allah."
Karna bos gw non-muslim, jadilah dia salting. Cuma bilang "Good. Selamat ya."
Setelah2nya beberapa hari bos gw aneh. Kayak salting gitu kalo gw deket dia. Ya namanya juga gw sekretaris ya, yak ngintilin dia kmana2 lah. Jadilah gw nahan ngakak kalo gw deket dia dia salting2 sendiri. Knafa sik paaakkkkk?? 😂😂😂😂😂😂
Tapi ga lama kok,bulan depannya dia udah "bully" gw lagi, in a good way lahh 😆😆😆😆

6. Susah mix & match baju & hijab.
Pusing ye. Biasanya cuma mix& match atasan & bawahan. Lah ini ada Pe-eR satu lagi: hijabnya! Udah niat banget pake atasan merah & rok abu2, misal nih. Eh pas cari2 hijab warna abu2 ternyata ga ada! (Alias blom punya 😂😂😂😂) jadilah rombak total smua 😢😢😢😢
Saran gw: mulai milih hijabnya dulu apa, bajunya menyesuaikan yak. 😁😁😁

7. Impulsif beli perlengkapan hijab.
Namanya biasa ga pake hijab, pastilah jadi banyak blanja hijab & baju2 panjang. Awal2 gw berhijab, gaji pas tengah bulan dah kritis, limit kartu kredit dah di ujung tanduk 😂😂😂😂 Salahkan online shop!! *jeduk2in kpala ke monitor* Apalagi kalo ada bazaar khusus hijab. OH NOOOO! Tolong slamatkan sayaaaa! Bawa saya ksana maksudnya 😂😂😂😂😂

8. Berasa tua BENER.
Mas2 indomayet manggilnya "Bu,".Tukang parkir manggilnya "Bu." Sampe satpam rumah juga manggilnya "Bu."?! *getokin satu2 pake bakiak*
Gw betekkkk! Sebelum berhijab biasa dipanggil "non", "mbak", lah sekarang "Bu"???
Jangan dianggep sepele, ini buat cewe2 adalah BIG ISSUES. SUPER BIG ISSUES. Huhuhuhuhu.. 😭😭😭😭😭

Nah tu poin2 yang gw inget paling ekstrim pengaruhin mood gw awal2 berhijab. Yang paling berat itu poin 1,2 & 3. Meweknya lama lah. Tapi seiring waktu, gw dapet smacam jawaban dari smua kegalauan gw.

Nih masing2 jawaban gw dari tiap poin (yang perlu bertsun2 buat gw):

1. Komen dari sekitar mayoritas negatif.
Ya balikin aja: "Alhamdulillah iya gw udah berhijab." *senyum manis*
Masih diledekin? Jawab lagi: "Alhamdulillah gw makin cantik kan pake hijab?" *goyang2in bulu mata*  Muntah muntah deh tuh yang ribetin gw, bukan salah gwwww! 😂😂😂😂😂

2. Abis pake hijab, ngrasa bentuk muka macem alien.
Rajin cari tutorial hijab di utube! I did this. A LOT.
Ternyata hijab style hijabers kondang itu ga cocok sama muka gw yang bulet macem telor ini. Lah dia mukanya tirus macem model, gw ikutin, yak iya muka gw makin bulet & jenong 😂😂
Setelah berbulan2 gonta-ganti gaya hijab, akhirnya gw dapet gaya hijab yang cocok, yang jadi my daily hijab style. So...jangan bosen ganti2 gaya hijab sampe nemu yang cocok! *wink wink*

3. Dijauhin temen2.
Awal2 setres sampe gak Pede.
Tapi kata mamak gw "Temen itu juga dipilihkan Allah. Kamu berhijab dengan niat baik, pasti akan dipilihkan yang baik2 juga." And it's true! Beberapa taun trakhir gw dapet temen2 berhijab baru yang banyaaaakkk banget, tapi jangan salah, temen2 deket gw ga semua berhijab kok. Ada juga temen2 deket yang non-hijab & non-muslim malah. Alhamdulillah dipilihkan Allah mana yang betul2 teman. Yang betul2 teman adalah teman yang menerima kita apa adanya. Dari sbelomnya begajulan, skarang dah kaleman dikitttt plus rambutnya ketutup hijab warna warni. Hihihii...

3. Keringetan. BANGET.
Entah karna lama2 jadi kebiasa pake baju tumpuk2, atau memang gw makin ahli beli baju2 yg panjang tapi dingin. *sombong* 😂 Jadilah gw malah ga terlalu kemringet lagi. Malah liat temen2 pake baju terbuka ngeluh kpanasan & keringetan. Gw angkat alis sebelah, bingung. Gw gak kepanasan kok. Lah?? 😂😂😂😂

4. Perubahan suasana di kantor.
Makin lama bos gw malah asik2 aja punya sekretaris berhijab. Pernah satu kali ada tamu kantor yang gw ngrasa insulting banget...
Bos: "Kenalin pak, ini Vitri, sekretaris saya."
Gw: *nyodorin tangan*
Tamu: "Eits..." *nyodorin tangan trus narik lagi* "Boleh nih salaman? Kan bukan muhrim? Hahahaha!" *ktawa sambil nengok ke bos*
Gw belom sempet jawab..
Bos: "Gapapalah, masa salaman aja gak boleh." *muka serius*
Gotcha! Muka si tamu kaget, trus sok cool. Alhamdulillah pak bos belain gw. Weeekkk! *muka judes kluar* 😡😡😡😡

5. Susah mix & match baju & hijab.
Makin kesini karna makin kebiasa, jadi makin gampang. Piece of cake. Biasanya gw milih baju & hijab bisa sejam sendiri. Skarang 5 menit juga jadi 😂 Tips dari gw: Banyakin beli hijab2 bermotif warna warni, jadi lebih gampang paduin sama baju2 banyak warna 😊😊😊
Nanti gw share beberapa foto OOTD & HOTD gw yak. Yang penting, PEDE! Yesh yesh!

6. Impulsif beli perlengkapan hijab.
NAAH! Khusus yang ini gw blom nemu obatnya nih. Masih juga impulsif sampe skarang 😂😂😂 Tips terbaik dari gw: jangan sering buka2 online shop di instagram & FB. Racuuunnnnn makkk!!!

7. Berasa tua BENER.
Thanks to jawaban nomer 2, gw akhir2 ini sering dipanggil "Non.", "Mbak.", "Jeng." 😂😂😂😂 Bukannya sombong ye, kan ini judulnya sharing 😝😝😝😝
Kayak kjadian yang baru kjadian hari ni:
Gw lewat di pos satpam komplek, kayak biasa buka jendela mobil ngasih kartu, pak satpamnya nyapa: "Pagi non....,"*ngelirik ke sebelah gw ada Rafi, langsung koreksi* "...eh, Ibu."
NGAKAKKK 😂😂😂😂 Ya elah pak, panggil saya Non juga gapapa. Pahala loh bikin hati gw berbunga2 😂😂😂😂😂
Ooh ada lagi! Beberapa kali dirumah mama:
Customer: "Ini anaknya Bu?" *nunjuk gw*
Mama: "Iya ini anak saya, skarang bantu2 dsini."
Rafi dateng...
Rafi: "Mamaaah!" * nggelendot manja ke gw*
Customer: "Loohhh itu cucunya Bu?" *nunjuk Rafi*
"Hoalaahhh udah punya anak toh! Saya pikir baru lulus kuliah!"
Mama & gw: *ngakak*
Alhamdulillah ya Allah, Alhamdulillah.
Ternyata janji Allah untuk wanita yang berhijab itu bener ya: "Menjadi cantik di mata Allah. Bukan menjadi cantik di mata orang lain." 👍👍👍👍

So...poin dari crita2 gw diatas: berhijab itu BERAT BANGET. Tapi slama kita mau ikhtiar (berusaha) untuk terus mempertahankan hijab demi Allah (kembalikan ke niat. Berhijab untuk Allah). Insha Allah seiring waktu semua akan indah pada waktunya.

Hijab is Tough, but it's worth it. Yang paling gak ternilai harganya buat gw pribadi: merasa semakin deket ke Allah. Kalo gw bandel, ya gw langsung dijewer, ditegor dengan cobaan. Gw nangis2, kapok. Sujud minta maaf. *maklum, gw manusia biasa* *benerin hijab*
Tapiii....kalo gw doa, minta apa ajaaaa, Allah most of the time kabulin loh. Meskipun rentang waktu dikabulinnya beda2. Ada yang bertaun2 baru dikabulin, but I know He's listening :')) Intinya teteeppp aja, dikasih!! Alhamdulillah, alhamdulillah. 😍😍😍

So....buat temen2 diluar sana yang mau berhijab atau sedang di awal2 perjalanan berhijab, satu pesan gw: GIVE IT TIME. Seiring waktu smua akan membaik, pasti. Kembalikan ke niat berhijab untuk apa, ikhlaskan untuk Allah, selanjutnya.....let it flow. Sampe ketemu di jawaban2 dari ketakutannya ya, sama seperti gw yang butuh bertaun2 baru dapet jawaban2 dari ketakutan gw berhijab. Every person must have their own answers for their fears. Keep the faith!😘😘😘😘😘

3 comments:

  1. Kaakk katanya mau ngepost ttg hidayahnya terpisah? Manaa mau baca 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaaa bacanya jauh bener sampe sini dek :))))
      tnyata aku dulu udah pernah post (trus lupa hahaha) jadi aku ga post yg baru.
      ni link nya: http://satyasavitri.blogspot.co.id/2011/12/when-hidayah-comes.html
      happy reading :D

      Delete
    2. dekkkk ternyata postingan yg itu blom lengkap :)))) bikin lanjutannya deh akuu
      http://satyasavitri.blogspot.co.id/2016/01/when-hidayah-comes-2.html
      dodol baru sadar critanya kepotong --"

      Delete