Friday, February 19, 2016

Rafi & Lomba Hapalan Doa Pendek (TPA).

Throwback dulu yak ke awal2 Rafi ikut TPA. Kira2 hampir setaun yang lalu...

Kebayang gak sik bocah umur 3.5 taun diajak ke TPA? Kicil kinyis2 banget gitu kan, masih lari sana sini, masih ga ngerti kalo mesjid itu bukan tempat maen, tapi tempat ibadah. Tapi pas gw denger dimesjid deket rumah buka kelas TPA buat anak2 kicil gini, gw kepo lah.

Gw telpon langsung pengurusnya (which is dapet info dari mamah. Iyak mamah gw lebih gaul dari gw, info apa aja sampe gosyip di komplek kita ini dia tauk! :O :O :O) buat nanya2 tentang TPA buat bocah2 ini, apa aja yg bakal diajarin (mau liat seberapa pressure-nya buat anak seumuran dia), dan jadwalnya gimana.

Ternyata....sistemnya santai tapi belajar. Diajarinnya baca iqro & doa2 pendek. Dan temen2nya dari umur 3taun (iyak 3 TAUN! Sekicil itu dah ikut TPA -_____-) sampe kelas 6 SD. Dan nanti anak2 ini dipisah berdasarkan umurnya. Jadi mereka bisa main dengan seumurannya.
Oke lah gw tertarik. Niatan gw cuma biar Rafi nambah temen mainnya slain dari skolah, bonusnya blajar dikit2 iqro & doa2. Dari awal yang super excited pastilah mamah, tapi gw dari awal bilang: "Kalo Rafi blajarnya seneng ya lanjut. Tapi kalo dia capek apalagi sampe setres ya aku brentiin."
Karna gw yakin, kalo apa2 yang dipaksain ke dia pasti ujung2nya & hasilnya ga bagus. Buat apa maksain anak harus pinter semua bidang untuk bisa dibangga2in ke kluarga & temen2 kalo ujung2nya anak setres & ga happy? A big no for me. NO NO.

Jadilah Rafi mulai dateng ke TPA. Awal2 masih malu2, tapi lama2 dia smangat baca iqro-nya. 
Yang bikin ngikik sik suasana dalam TPA-nya. Jangan dibayangin kayak pesantren ya yang rapi, khusyuk gitu. Jauh bener. Yang seumuran Rafi nih ya pada lari2an dalem mesjid sambil antri baca iqro. Nanti kalo giliran anak itu baca iqro, gurunya ngejar2 si bocah ditarik ke meja buat baca iqro :)) :)) :)) :)) :)) Termasuk Rafi lah :)) Namanya juga bocah :P

Belom lagi ada yang sambil mimik susu dari botol, ada yang baca iqro sambil toleh kanan kiri liat temen2nya yang lari2an lewatin dia :))
Hadoooh hadoooh ya judulnya sik TPA, padahal mah TK aja pindah ksini :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :))
Namanya juga anak2 ya, jadilah perlu dikasih rewards tiap dia mau baca iqro. Tiap abis baca iqro, gw bolehin nonton youtube video2 kesukaan dia; pompa air, selang air, filter air & kawan2nya. Lah jadi dia yg minta baca iqro tiap hari :)) :)) :))

Ini lagi ujian, di tes solat :D

Ujiannya ada menebalkan huruf2 Arab juga :D

Dan pastinya mewarnai jugak :))

Tapi di perjalanan TPA ini gw gamau maksain brangkat. Kalo dia sakit, ga enak bdn, bad mood ataupun ga mau brangkat ya gw ga paksa. Gw tanya beberapa kali, diingetin kalo temen2 & guru2nya nungguin dia, kalo dia tetep ga mau, yowes :) Jadilah absennya banyak bolongnya kali tuh :p

Nahhh.............bulan lalu tuh udah diumumin kalo bakal ada lomba apalan doa pendek buat kelas TPA-nya Rafi. Lebih spesifiknya: doa sebelum tidur. Tapi gw ga ngeh jugak tanggal pastinya tanggal brapa :p :p :p ya ya maapkan deh T_T

Setelah itu emang gw biasain tiap malem Rafi baca doa sebelum bobok diatas kasur tiap dia udah siap mau bobok. Lucuknya, awal2 selalu dia kebalik sama baca doa mau makan. Mungkin karna sama2 ada 'Allahumma'-nya. Yang doa mau makan 'Allahumma'-nya didepan, yg doa mau bobok 'Allahumma'-nya di kata kedua :D :D  :D :D  :D :D
Alhamdulillah-nya makin kesini dia makin apal doa sebelum bobok, meskipun kadang2 masih kebaca doa mau makan dulu :))

2minggu kmaren Rafi ga masuk TPA, karna dia ga enak badan, sering anget2 ditambah cuacanya ga bagus juga kan. Kmaren Kamis Rafi udah baikan, gw ajaklah ke TPA. Meskipun bangun tidur siang sempet rewel tapi tetep ujung2nya brangkat TPA jugak. Ihiiyyy :p :p :p

Sampe mesjid udah curiga, kok tumben banyak ibu2 yang gw ga pernah liat sebelumnya masuk mesjid bawa2 makanan. Pas masuk ruangan TPA, loh kok anak2 udah rapi duduk baris. Rafi langsung disambut gurunya "Alhamdulillah Rafi masuk. Udah baikan bu?"
"Rafi udah siap ya mau lomba?" *sambil masangin nomer di dadanya Rafi*
EH??? HARI NI LOMBANYA???!
Matik.
*emakke setres*
*kemringet*
Lah Rafi ga ada persiapan apa2 gitu. Doa apa yang dsuruh baca yahh?? HUHUHUHUHU. *mewek di pojokan*

Ga lama mulailah lombanya. Rafi sama temen2 sekelasnya digiring ke tengah ruangan. Satu2 namanya mulai dipanggil.
Gw cuma bisa dadah2 + ngasih smangat Rafi dari jauh.
Dia mah duduk anteng stay cool aja, gatau dia emakke dsini cekot2 :'( :'( :'(
OH TERNYATA APALAN BACA DOA SEBELUM BOBOK.
*lega*
EH TAPI KALO DIA SALAH BACA DOA SEBELUM MAKAN GIMANA??
Glek.
Yasudalah ya. *pasrah*

Gw cuma berharap Rafi brani maju kedepan pas namanya dipanggil, ga kumat manjanya yang ujung2 mewek. I know him so well, kalo dia tertekan atau takut, pasti nyariin emakke, nemplok manja trus ngerengek. Gw cuma berdoa semoga itu gak kejadian. Aamin!!

Akhirnya nomer peserta Rafi dipanggil. Berdirilah dia, jalan kedepan ngelewatin temen2nya. Gagah. Ga noleh sedikitpun ke emakke. Berdiri didepan juri2. Stay cool.
GW BENGONG. AMAZED. Dia ga nyariin emakke nih? Noleh pun gak :O :O
Jangan2 Rafi ni ga ngeh lomba itu ngapain. Huhuhuhu T_T"
Gw ngerayap deketin dari samping. Niatnya mau fotoin, tapi saking gw deg2an + cekot2 masa cuma dapet 1 foto! Kbayang kan tuh gimana gw deg2an nya :)) :)) :))
Rafi mulai ditanya juri, disuruh baca doa sebelum tidur.
Rafi keliatan tegang. Tapi tetep berdiri anteng. Tegap.
*uuuhhh my boyyy!* *pengen pelukin* *trus tarik pulang*
Ga deengggg :p :p

Tuh dia berdiri tegap depan juri, macem ga takut :O :O:O

Rafi mulai jawab.
Enden................................................
LAH KAN BENER DIA MALAH BACA DOA MAU MAKAN. :)) :)) :)) :))
*guru2nya Rafi tepok jidat* *gw kejungkel*

Selesailah dia baca doa mau makan. Jurinya senyum2, trus nanya skali lagi... "Rafi kalo mau tidur baca doanya apa?"
Rafi kliatan mikir.
Trus Rafi jawab lagi. Kali ini suaranya lebih kenceng, kebih mantep.
Alhamdulillah ya Allah, dia baca doa mau bobok jugak! :D :D :D
Lancar, kenceng, plus baca artinya jugak lancar. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah.

Trus guru2nya tepok tangan. Rafi disuruh balik duduk. Rafi jalan balik ke tempat duduknya tadi. Tetep ga noleh ke emakke. No drama no mewek. Is that my boy? Gw amazed sama sikap Rafi dibawah tekanan. So not me :)) :)) Mungkin mirip bapakke. Kata bapakke di chat "Calon public speaker kayak bapakke!" HAHAHAHAAG iya deh!
Keliatan udah gede banget Rafi :') Kok cepet banget gedenya kamu, nak.... *galau menggalau*
*seblak pipi sendiri*

Akhirnya semua peserta udah dipanggil, artinya selesei deh pada ditanyain satu2. Break, dibagi makanan kecil ya langsung lah anak2 bocah ini pada bubar :)) Lari ke emakke semua, BYAAARRR!
Eh tapi kok anak gw tetep anteng ditempatnya. Hihihihi, deketin trus colek2 dia, baru deh senyum lebar. HOALAH TEGANG BROH?? :)) :)) :)) :)) :)) :)) :))

Pas anak2 udah kenyang, anak2 dikumpulin di satu ruangan. Katanya saatnya pengumuman pemenang. Gw ga berharap deh, Lha wong Rafi baca doa nya dua, padahal dsuruhnya doa mau bobok doang :)) Anteng emakke makanin snack depan mata, bocahnya juga anteng tuh klemat klemit ngunyah. Dimulai baca pemenang dari kelasnya Rafi. Juara 3 temennya Rafi, cewek, yang tadi lancar bacanya. Oh iya kan dibacain tu nomer pesertanya ya (yang tadi dipasangin gurunya di dada masing2 anak) jadi gw ga ngeh dong Rafi nomer berapa.

"Juara 2....dimenangkan oleh nomer peserta.....20!!"
Gw masih anteng, Rafi pun masih anteng. Gurunya heboh tepok tangan, tapi ga ada bocah yang berdiri. Nomer peserta 20 itu sapa sik????

"RAFIIII! AYO NAK KAMU JUARA 2!!" *gurunya nyamperin Rafi gandeng ke depan*
*Rafi bengong*
*emakke bengong sampe mangap*
LAH RAFI JUARA 2?! HAHAHAHAHAG :)) :)) :)) :))
Parah emakke gatau anaknya nomer berapa :)) Maapkan maapkan. Terlalu serius makan snack imut2 depan mata daritadi :p :P :P
Ya kan eyke tegang bokk daritadi liatin Rafi lomba! *halesan!!*

Pose bareng temen2nya yang juara 1 & 3

Senyumnya sumringah bener :))

YEAYY!! Selamat ya anak mama :* :* :*
Look how happy he is :') Bener2 ga nyangka. Surprise banget. Alhamdulillah ya sayangnya mama. Semoga kamu bisa kejar cita2 kamu bonusnya makin pinter baca doa, baca iqro-nya dan makin bersinar di mata papa mama. Aamiin :* :*

PS: Moga2 postingan kali ini ga dibilang riya alias pamer ya. Niatan nulis postingan ini buat nyemangatin ibu2 muda diluar sana yang sama kayak gw, struggling buat dorong anak2nya ke arah positif untuk belajar. SEMANGAATTTT!!!! :* :* :* :* :* :*

No comments:

Post a Comment