Sunday, February 14, 2016

Urus Hak Paten.

Tnyata ya mau bikin fashion brand sendiri itu ga segampang yang gw pikir. :'( :'( :'( :'(
Dari awalnya harus semedi nyari ide buat model bajunya (yang ternyata lebih susah daripada handle customized order), trus setres milih nama brand-nya, pas udah dapet...trus order label. Nah pas udah on-fire mau mulai produksi karna label udah ditangan YEAYY!, temen2 yang melek hukum (iye gw ga ngerti hukum ye, maklumin aje!) pada suggest gw urus hak paten karna ini fatal banget. 
HMMMM........
Gw pikir2 iya juga ya, namanya juga gw brand baru, kalo ada yang jiplak2 model & nama brand gw (ge-er bener ya :p :p :p) susah kedepannya karna kita ada hak untuk sue :(

Setelah mikir2 & diskusi sama hubby, jadilah gw mutusin buat pake biro hukum buat ngurusin hak paten ini. Tapi karna gw bener2 curious & mau tau lebih banyak tentang hak & kewajiban gw dalam hak paten ini, jadilah gw & hubby mutusin buat mampir ke kantor biro hukum kita ini di gedung SMESCO. Janjian lah Jumat minggu lalu jam 4 sore. Kantornya ternyata jadi satu sama law firm2 lain jadi lumayan rame. Ketemu lah akhirnya sama konsultan kita, namanya Pak Maulana.

Beeerrrr, kluar deh smua uneg2 & pertanyaan2 gw yang seember :)) Skalian curhat ye bokk!
Untung orangnya slow, sabar & anteng :)) :))
Hahahahag, namanya juga pnasaran :p

Ternyata, hak paten ini simpel sih tahap2nya. Emejing :D :D
Tahap 1: Pengecekan Nama
Jadi kita bayar skitar Rp. 200,000 buat cek nama brand yang kita mau itu udah ada yang patenin duluan gak. Kira2 prosesnya 2-3 hari kerja. Kalo udah ada yang sama, kita disaranin untuk ganti nama sama konsultan kita.
Disini gw doa2 yang kenceng supaya nama yang gw pilih belom ada yang pake.
Karna gw udah beli label bok, udah jadi pulak. Kalo ga jadi dipake, buat apaan itu label 100lusin?! *mewek* :'(
Tahap 2: Pendaftaran Merk.
Jadi kalo hasil pengecekan nama sudah ok (alias lolos, ga ada orang lain yang pake nama itu), kita bisa langsung daftarin nama kita. Nah pas daftar ini, nanti kita pegang semacam surat sementara dari biro hukum yang dicap Dirjen HKI, yang menjelaskan bahwa brand kita ini lagi proses pendaftaran hak paten. Darisini kita udah bisa mulai usaha kita, ga perlu nunggu sampe sertifikat resmi keluar, karna kalo nunggu sertifikat resmi keluar butuh waktu 1.5-2taun bok! LAMA BETT YAAK! :o
Nah di tahap ini, dibelakang brand kita boleh ditambahin tulisan TM, yang menendakan merk kita ini udah didaftarin ke Dirjen HKI untuk hak patennya.
Tahap 3: Resmi Mendapat Hak Paten.
Kalo disetujui (brand name belom ada yang samain), yang setelah proses panjang menunggu 1.5-2taun kita akhirnya bisa dapet sertifikat resmi dari Dirjen HKI yang menunjukkan bahwa brand kita sudah dilindungi hak patennya. Aman deh dari orang2 usil yang mau jiplak nama kita atau mau menyalahgunakan brand kita. Yippiie!!

Oiya, pas tahap pengecekan nama ini yang bikin pnasaran....kira2 berapa persen kemungkinan penolakan brand name kita. Nah..ternyata HKI itu ngecek nama yang sama ataupun mirip di kelas yang sama. Kelas brand itu buanyaaakkk. Kalo untuk brand gw kan mau jualan baju, itu masuk kelas 35. HKI akan cek apakah di kelas 35 ini ada nama yang sama dengan ColorCover. Kalo ada yang mirip pun juga ga boleh loh :( 
Makanya amannya cari nama yang unik, yang kira2 ga pasaran supaya aman pas mau masukin ke hak paten.

Akhirnya Jumat kmaren gw masukin nama ColorCover ini ke pengecekan nama. Dan setelah dagdigdurder! selama 3 hari akhirnya email dari konsultan kita masuk juga.

Hasilnya..................................................................................
Nama Color Cover ini sebaiknya diganti, karna ada orang lain yang udah pake nama COVER dari taun 2005. DUERRRR!!!!
Rasanya mau mewek :'( :'( :'(
Udah mewek sik, dalam hati. HUHUHUHUHU...

Label udah jadi nih segepok. TRUS DIAPAIN INI LABEL100LUSIN?!  EMAAAKKKK :'( :'(

Yasudahlah....Akhirnya setelah menenangkan hati, guling2an koprol dikamar sampe kemringet & nyerah, akhirnya gw transfer another IDR 100,000 untuk masukin nama alternatif lain untuk pengecekan nama lagi. Gw udah pasrah, akhirnya nama yang gw pilih hasil dari utak atik nama gw sendiri. HAHAHAG. Kalo masih ada yang nyamain jugak.....EH LAMA2 EYKE PAKE NAMA EMAK NIH :'( :'( :'(

Nyahhh!! Now let's wait for another 3 days!
*doa yang kenceng*
*mulai jrawatan*
*doping coklat biar ga setres*

BHAY COLORCOVER!! :'( :'( :'( :'(  :'( :'( :'( :'(  :'( :'( :'( :'(  :'( :'( :'( :'(  :'( :'( :'( :'(  :'( :'( :'( :'(

No comments:

Post a Comment