Sunday, October 9, 2016

Survey Sekolah Bekasi: SDN Pekayon Jaya 6

Official webSDN Pekayon Jaya 6 Bekasi

Dari taun lalu gw pnasaran banget sama skolah ini, karna salah satu skolah negri unggulan di Bekasi, yang gw denger antrian masuk murid barunya pun panjangggggggggg banget. BANGET. Skolah ini lokasinya di jalan raya Pekayon, kalo dari komplek Kemang Pratama deket banget, kluar gerbang utama Kemang Pratama belok kanan, voila tuh skolahnya sebelah kanan jalan. Kalo dari Mal pekayon (kiri jalan) kira2 200m sebelah kiri jalan lokasinya SDN Pekayon Jaya 6 ini.

Kebetulan ortu murid temennya Rafi di TK yang skarang adalah guru di SDN Pekayon Jaya 6 ini, jadi beberapa bulan lalu dah sempet ngobrol2 tentang SD ini. So far yang gw simpulin waktu itu: tidak ada tes masuk, sistem pendaftaran online & berdasarkan umur (disaring dari umur tertua dan minimal yang diterima diatas umur 6 tahun).

Akhirnya, hari Jumat kmaren bareng duo mamak keceh (biasaaaa yang nemenin gw kmaren survey2 juga, hihihihi) kita survey juga ke SDN favorit ini. Jam 9 kita sampe di gerbang skolahnya, mayan deg2an juga ya liat skolah ini. Lokasinya kan dipinggir jalan gede ya, trus itu pintu gerbangnya kebuka aja gitu, ga ada satpamnya & orang2 bebas keluar masuk. *kemringet* *parnoan* :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O 

Lapangan upacara

Depan gerbang langsung jalan raya yang padat kendaraan :O



Menuju ruang Kepsek bersama duo mamak keceh :))

Masuk kedalam, kita langsung ke ruang Kepsek (karna kita udah janjian sama Kepseknya jam 9 ini), eh ternyata Kepsek-nya ga ada di tempat. T_T *sakitnya tuh dsini* *nunjuk konde*

Alhamdulillah-nya, ada salah satu guru yang lagi diruang Kepsek mau nemenin kita ngobrol2, meskipun kurang kooperatif (mungkin ga mudeng kalo artinya survey ya brarti kita mau banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk nanya :p), jadinya trio (iya trio itu termasuk gw kan jadi ber3, ok ini ga venting) mamak2 ini rada ilpil trus nanya2nya males2an. Ohhhh Kepsek kmanakah dirimu :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( 

11 poin penting yang coba gw kumpulin terseok2 *lebay!*:
1. Jam Sekolah
Karna SD negri, mungkin semua SD negri masih begini ya, ada kelas pagi & kelas siang. Kelas pagi masuk jam 7.00- 10.00. Kelas siang masuk jam 10.00-12.15.

2. Prioritas Pendidikan
Tentunya akademis.

3. Tes Calistung?
Tidak ada. Karna SD ini adalah SD unggulan, makan sistem pendaftrannya hanya online. Tidak ada cara lain, harus online. Sistem gugur. Hanya dinilai dari umur. Yang tertua masuk duluan, slama ada kuota akan turun kebawah. Tahun lalu yang termuda di usia 6tahun 2bulan. Tapi, untuk mendaftar online, umur harus minimal 5thn6bulan. 

4. Fasilitas Sekolah
Ruang kelas smua ber-AC, lapangan upacara.

5. Kurikulum
Karna SD negri, tentunya 100% kurikulum Diknas. Semua buku2 juga terbitan dari Diknas. Inget terbitan Erlangga, dll? Damn knapa gw masih inget ya? :)) :)) 

6. Bahasa Pengantar
Bahasa Indonesia.

7. Pendidikan Agama
Diajarkan sebatas kurikulum Diknas, yaitu 2xseminggu atau 4jam mata pelajaran.

8. Keberagaman Agama
Mostly beragama Islam.

9. Jumlah murid per kelas
Karna tingginya peminat, 1 kelas bisa untuk 40 anak. :O :O :O :O :O :O :O :O :O

10. Ekstra kurikuler
Menari, Angklung, Drumband, Marawis, Pencak Silat.

11. Biaya2 masuk
Uang Pangkal    : Gratis (disubsidi BOS)
Seragam            : Rp. 500,000
Buku                 : buku sendiri2 di toko buku
Bulanan            : Rp. 20,000 + token listrik
-------------------------------------------------------------
TOTAL =           +/- Rp. 700,000 - 850,000

Sooooooooooo, menarik ya harganya :)) Gratis bok uang pangkalnya *ngeces*, iya sik ya SD negri skarang smua disupport dana BOS. Jadi sangat mempermudah akses smua kalangan untuk menyekolahkan anaknya. Istilahnya ga ada alasan untuk tidak menyekolahkan anaknya, karna dana terbesar yang disebut 'Uang Pangkal' udah ga ada. 











Jam istirahat siapapun boleh masuk ke lingkungan sekolah :O :O :O :O :O :O :O 
Ternyata slama jam istirahat pintu depan (pintu utama) & pintu samping (yang kearah Delta) dibuka. Bad news-nya: itu di pintu samping buanyak abang2 jualan makanan, anak2 bebas keluar masuk & ga ada satpam yang jaga disekitar pintu. Gw & mamak2 lain langsung parno. Gimana pengawasan guru2 ke anak muridnya ya, apalagi yang kecil2 di kelas 1 & 2 yang bebas keluar masuk ke pintu samping & pintu depan? *merinding* 
Pantes banyak ortu2 yang masuk ke sekolah slama jam istirahat, mungkin untuk mengawasi anak2 mereka ya...

Kantin disamping skolah

Mushola dibelakang sekolah (gedung belakang)


Gedung belakang
Notes2 lain yang bisa di-highlight:
- Yang bikin kagum, letak toilet cewe & cowo itu sangat jauh. Antara ujung ke ujung, bukan sebelahan. Jadi you know lah...minim resiko yah :p
- Kmaren pas survey ke skolah ini, kita parkir mobilnya disebrang skolah, disebelah warung bakso. Ga bisa parkir di area skolahnya (karna pintu utama cuma dibuka pas jam masuk skolah, istirahat & jam pulang.) Jam istirahat kmaren ga ada satupun mobil parkir didalem, jadi kita assume kalo parkir mobil tetep harus diluar area skolah.
-  Kalo untuk lokasi pastinya strategis, karna lokasinya dipinggir jalan besar yang aksesnya juga sangat gampang.
- Kurikulumnya juga full Diknas, jadi ya jangan kaget kalo cara blajarnya ya text book bener. :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O :O
- Lokasinya yang sebelahan persis sama tanggul sungai. Baca2 di mbah Google, skolah ini juga sering banjir. 
- Untuk skolah negri seperti ini, kita sebagai ortu murid harus pro-aktif. Lewat komite kelas, kita bisa berpartisipasi untuk meningkatkan fasilitas untuk proses belajar mereka. Misal, untuk pengadaan AC di tiap kelas, ini juga berkat komite kelas yang memperjuangkan dana untuk pengadaan AC ini (patungan dari ortu2 murid).

Alhamdulillah kesampean juga kita survey ke skolah SD negri unggulan ini, jadi kan ga penasaran lagi. Selanjutnya kita mau survey ke Kinderfield & SD Mutiara Baru. I'll keep you informed yah!!

CIAYOOO! *lanjut iket kepala* *tetep melototin jadwal2 open house* :)) :)) :))

No comments:

Post a Comment