Sunday, October 2, 2016

Survey Sekolah: Unity School (Primary School) Bekasi

RAFI UDAH MAU SD??? AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAKKKKKK!!!

I know, I know,  I freaked out. Knafa cepet banget sih nak udah mau SD aja? Ngbayangin dia masuk ke kelas yang lebih gede dari sehari2 dia di TKnya skarang yang cuma 10anak/kelas, masuk skolah lebih pagi dan pulang jam 2an siang, belom lagi suasana baru, temen2 baru & juga suasana blajar yang pastinya lebih padet & panjang.....Ya ampun, gw sampe mau mewek ini bayanginnya. :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'(

Life must go on ya.....we have to letting go that our son will have to face to world, have to realize that to be a grown man, there are some stages in life that he have go through first, pijakan pertamanya ya masuk SD inih. *mewek berjamaah sama bapakke* *edisi mellow*

Dari hasil browsing2 dan tanya sana sini, ada beberapa SD swasta di Bekasi yang recommended:
1. Unity School
2. Sekolah Melati Indonesia Bekasi
3. Kinderfield School
4. Alexandria Islamic School
5. SDIT Baabut Taubah

So far prioritas survey kita ya 5 SD ini, tapi bisa berkembang jadi lebih banyak opsi lagi, tergantung hasil surveynya jugak. Prioritas lokasi SD yang kita pilih yang sekitaran Bekasi Selatan, biar deket sama lokasi Rumah Biru. Mikirin kluar komplek kita aja gw dah cenat cenut, ya ampyunnn kalo pagi2 mau kluar komplek macetnya bs stengah jam sendiri buat nembus jalan raya :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'( :'(  Judulnya sih ada 3 pintu kluar komplek ini, tapi apa gunanya kalo tiga2nya macet?? *ngamuk* *gigitin dashboard*

Nah, kebetulan banget hari Sabtu kmaren tanggal 1 Oktober 2016, Unity School ada Open House. Denger dari sodaranya Satya kalo skolah ini bagus, dan temennya Tama (temennya Rafi) pun bela2in skolah dsini padahal rumahnya di Jati Asih, gw makin pnasaran sama skolah ini :) :) :) :) :) :) 

Skitar jam 10an pagi sampelah kita di gerbang Unity School, ealah parkiranya sampe diluar jalan rayanya! Heboh segitunya Open House ini?? Akhirnya gw tau knapa parkirannya sgitu penuhnya, karna Open House ini skalian ada performance dari murid2 Unity School, yang diramein juga sama bazaar & ortu2nya para murid yang dateng untuk nganterin anak2nya. 

First impression pas masuk gerbang skolah ini: lumayan gede gedung skolahnya & fasilitasnya lengkap. Unity School ini satu area ada 2 gedung: sebelah kiri ada gedung Playgroup, TK & SD yang dalam 1 gedung. Dan gedung besarnya untuk SMP & SMA.

credit title: taken from Google

Masuk kedalam, kita langsung nelusurin bazaarnya trus jajan sampe lupa waktu lanjut ke area lapangan. Di lapangannya juga lagi dimaksimalkan untuk area bazaar. Kliatan banget anak2 enjoy dan seneng banget karna dalam tenda2 ini diisi sama aktivitas kesukaannya anak2 misalnya: painting, kidzania, dll. 






Puanas ya bok? ABEESSS!! Rafi aja udah nunduk2, plus kerut 11 jidatnya, nyureng bin betek karna kpanasan, tapi diem aja. Mungkin takut kalo dia ngomel bakal disemprot emakke. Iya kalo kpanasan emakke pun cranky soalnya. :p :p :p :p :p :p :p :p :p :p :p :p :p :p 

Bocil yang kpanasan lagi menikmati free  welcome drink :p


Setelah ketemuan sama bapakke yang 10menit tadi entah ngilang kmana, mungkin dese tadi jajan jugak sengaja misah karna takut dimintain uang jajan sm bocilnya :p, kita lanjut ke gedung utama buat survey seberapa bagusnya pendidikan yang ditawarin sekolah ini. Kalo liat dari ramenya bazaar & beragam performance anak2nya dsini, gw langsung bisa simpulin kalo kegiatan ekstra kurikulernya pasti emejing.

Masuk ke teras gedung utama, ada kelas yang dibuka, tulisan di jendelanya 'Display Room'. Ternyata isinya beragam hasil karya ilmiah murid2 Unity School ini. Ga jelas juga dari kelas berapa, tapi kayaknya dari upper class (kelas 3 SD keatas). 



Dalam Display Room
Darisini kita langsung clingak clinguk cari meja lobby, dan nemuin mbak2 yang duduk2 di lobby. Setelah jelasin kalo kita dsini mau survey untuk SD, kita diminta isi buku tamu & diantar ke ruangan khusus.

Di ruangan ini kita duduk & dijelasin secara detail apapun tentang SD Unity ini. Pas lagi asyik dengerin salah satu guru dsitu jelasin, tiba2 ada guru lain masuk & duduk depan kita, & jelasinnya lebih detail. Jadi kita makin seneng deh, eh lebih senengnya lagi ujung2nya kita baru tau kalo beliau yang jelasin ini ternyata Kepala Sekolahnya SD ini. Wow that's a plus! Mereka keliatan serius banget nghandle semua pertanyaan kita & sangat kompeten dalam setiap issues yang kita tanyain. I'm quite impressed btw.

Beberapa poin hasil tanya jawab dengan Kepsek SD Unity School ini;
1. Jam skolah
Jam skolah SD Unity ini dari jam 7.30 s/d 13.15. Kalo ikut ekskul, anak2 pulang bisa jam 13.45.
Di rentang waktu belajar ini ada 2 jam istirahat masing2 15-30 menit.
Jam 7.30 - 7.45 ada Character Building session.
Sebelum jam pulang skolah ada Playing Time.

2. Prioritas pendidikan
Prioritas pendidikan sekolah ini di lower class (kelas 1-3) adalah Attitude. Guru lebih fokus untuk membangun attitude positif anak sejak dini. Gw sangat impressed dengan bagian ini, karna jujur buat gw Attitude is no.1 for now. 

3. Tes Calistung?
Unity School tidak menerapkan tes masuk untuk menilai kemampuan baca & tulis anak. Tes masuk hanya diterapkan untuk menilai apakah ini berkebutuhan khusus atau tidak, that's all. Yang penting hanya dilihat dari umur. Selama umur >5tahun 6bulan, dapat dipastikan masuk. Another plus, no assesment test!

4. Fasilitas sekolah
Kantin, lapangan basket, mushola. Dalam kelas: infokus & CCTV yang aktif. Layar CCTV terpampang besar didepan ruang Kepala Sekolah. 

5. Kurikulum
Unity School menerapkan 2 kurikulum: International (Cambridge) & National (Diknas). Jadi, dari kelas 1-6 anak2 akan diajar dengan Cambridge Curriculum, tapi mulai kelas 3-6 anak2 juga akan diajar dengan kurikulum Diknas. 

6. Bahasa pengantar
Dari kelas 1, anak2 akan diajar dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Jadi guru2 akan mengajarkan Math, Science, etc dengan bahasa Inggris full. Nah mulai kelas 3-6 ada mata pelajaran Matematika, IPA, PKN, dll yang diajarkan dengan bahasa Indonesia dengan kurikulum Diknas. Confused? Me too. :/

7. Pendidikan Agama
Di Unity, 5 agama akan difasilitasi secara penuh. Bukan hanya akan diajarkan, tetapi juga ada praktek worshipnya. Misal untuk agama Islam; tiap Jumat ada solat Jumat berjamaah.

8. Keberagaman Agama
Yang terbanyak murid Unity adalah Kristen, kedua Islam, sisanya ada Hindu, Budha & Katolik.

9. Jumlah murid per kelas
Maksimum jumlah anak: 26 anak/kelas

10. Ekstra kurikuler
Yang wajib: Lower class (1-3): English Club, Pramuka
Upper class (4-6): Marching Band & Choir.

Yang tidak wajib: Robotics (Rafi's favorite!!), Manga, Painting, Taekwondo, Mandarin, Futsal, Iqro, Modern Dance.

11. Tuition Fee (Biaya masuk)
Emak2...yuk tarik napas berjamaah!!
Treng treng!

Dapet dari Open House Unity School (periode September 2016)
TOTAL= Rp. 26,575,000. :O :O  :O  :O  :O  :O  :O  :O  :O  :O  :O  :O  :O  :O
*tarik napas puanjangggg* :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) *ngikik mewek*

Khusus Open House: Diskon 30%+5% untuk Development Fee alias Uang Pangkal, katanya kalo Open House udah slesei paling diskonnya cuma 20%.
Diskon IDR 500 untuk buku, dan Free biaya formulir. 

Official web Unity SchoolUNITY School

Penjelasannya: 
Development Fee itu sekali aja bayarnya, bisa dicicil 3x. 
Activity fee itu termasuk biaya2 ekstra kurikuler wajib & fiendtrip (2x setaun). 
Uniform ini ada 5 seragam.
Buku ini harganya masih turun naik, karna tiap tahun bisa beda pake bukunya (yahh jadi ga bisa pake lungsuran kakaknya ya kalo adeknya skolah dsini juga *emak2 irit* :)) :)))
Formulir ini juga skali bayar juga.

Setelah puas nanya2, kita keluar ruangan masih pnasaran dong sama ruang kelasnya. Alhamdulillah ada Pak Yoga, salah satu guru yang bersedia nemenin kita jalan2 ke gedung sebelah (gedungnya SD). Ternyata gedung SD ini gedung lamanya Unity, dulu namanya GIS. Jadi gedungnya kliatan ga sebagus gedung utamanya, ga terlalu gede juga.

Naik ke lantai dua, kita dianter untuk masuk kedalam ruang kelas 1.



Ruang kelas 1



Loker untuk masing2 anak
Dari pak Yoga juga kita diinfokan bahwa untuk kelas 1-3 tidak ada PR atau tugas yang dikerjakan drumah, jadi semua tugas difokuskan untuk dikerjakan di sekolah. Anak2 pulang sekolah bisa istirahat atau mengikuti kegiatan hobi yang lain. Duh kok gw dengernya seneng banget ya? Gw dan Satya sumringah lebih tepatnya. Dasar Emak Bapak pemalas :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) 

Selesai liat2 ruang kelas, niatnya mau poto2in kantin & musholanya, tapi apa daya bocilnya udah cranky bin betek dan ngedumel karna kelaperan. Akhirnya kita milih ngalah lanjut jalan buat cari tempat makan siang daripada kena amukan si bocil cabe rawit inih :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) 

Conclusion dari kita berdua:
Kita suka banget sama Unity School ini, fasilitasnya lengkap & keliatan guru2nya sangat kompeten dalam bidangnya. 
Tapiiiiiiiiiiiii.....
1. Bahasa pengantarnya pake Bahasa Inggris dari kelas 1? Bisa bayangin gak gurunya ngajarin Math in English?
"Now Rafi, please tell me 1 + 1 is equal to?"
*emakke pengsan bayanginnya*
Atau Science in English?
"Do you know that frog is actually swim as fast as a snake?"
*bayangin Rafi bengong*
Bukannya gw underestimate kemampuan anak yang katanya bagaikan sponge ya di usia emasnya, tapiiiii.....is it too much to learn English in school from 6 yo?
2. Worship to Allah hanya seminggu skali, yaitu solat Jumat berjamaah. Iqro ada sebatas ekskul tidak wajib. Yea I know, Unity bukan sekolah Islam, what can I expect tho'?
3. Jarak dari komplek rumah kita ke Unity sebenernya ga terlalu jauh, tapi MACETNYA ITU YANG GA NAHAN. Kalo jam masuknya jam 7.30 kira2 amannya berangkat jam 6.30 lah dari rumah, bangunnya brarti jam 5.30?? *mata melotot tangan mengepal*

Okay relax, we still have another 4 options to go. Kita bakal survey Kinderfield Sabtu besok & SDIT Baabut Taubah Rabu ini, nanti kita share dsini lagi ya hasil surveynya. *semangat iket kepala* 

Note:
kepada Ibu2 diluar sana yang sedang survey sekolah, I FEEL YOUU!!!! *cium jarak jauh*

4 comments:

  1. Mba makasih reviewnya yah,kemaren lagi bermacet ria mau survey ke sekolah al fajri, iseng browsing sekolah sekitaran galaxy, nyantol di sini deh. menarik banget sekolahnyaa, bisa buat alternatif sd anakku nieh 😊.

    ReplyDelete
  2. subhanalloh... keren survenya sampai detai banget.

    ReplyDelete