Thursday, February 10, 2011

Kontrol Dokter Kandungan II: 12W3D

Tibalah saatnya lagi untuk mengintip our little fetus, si Imut :p

Beberapa minggu lalu gw memutuskan utk ganti dokter obgyn. Well, yang sebelumnya kita pilih karna dia masih ada hubungan sodara sama kluarga gue. Tapi...........................kok rada pasip ya orangnya? Udah gitu mungkin karna  pasiennya buanyaaakkk, dia meriksa gw rada buru2 gitu, & ga ngomong kalo gw ga nanya --"
Bawellah gw ke Satya bilang mau ganti dokter. Dia ternyata oke2 aja, & bilang kalo dia emang lebih prefer kalo dokternya cewe. Dueeenng! Lah kmaren2 knapa diem2 aja, ternyata karna dipikir masih sodara jadi tapapalah. Huahauahauahak, posesipnya kumat dia :D

Terpikirlah buat cari dokter cewe yang recommended di RS Hermina Jatinegara. Why disana? Karna deket sama rumah Duren Sawit. Setelah browsing sana sini, nemu nama Dr. Suharjanti, lupa juga baca rekomendasi tentang dia dari forum mana, yang pasti, katanya orangnya sabar, teliti & humoris. Sesuai banget sama tipe dokter yang gw pengenin! :D

Sabtu kmaren kita akhirnya ke RS Hermina Jatinegara, suamiku yang imut nan ganteng ini membiarkan gue nyetir (gw yang mau, karna much better kalo gw nyetir, less mual gitu..) & nyasar aja loh! Dengan kalemnya dia minta gw belok, & eh?! ini kan Otista!!! Dia nyengir & nanya temennya RS Hermina Jatinegara tu dimana. Gw nepok2 jidat, lahhhh gw kira dia tauuuuu!! Akhirnya setelah puter balik (untung ga macet ya bok!), sampe jugalah kita di tempat yang dituju. Karna kita telat sampenya (gw dapet no.7, dokternya mulai praktek jam 2 siang, kira2 jam 3 sore kita dah harus sampe, ini baru nyampe jam stgh4 sore!), gw langsung tuturn di lobi buat daptar & Satya lanjutin nyopir nyari parkir.

Pas gw lagi hectic2 ngurus soal daptar2an ini, mbak2nya kalem bilang: "itu dokternya baru dateng, Bu.." Gw mlongo. Jam 4 kurang gini dokternya baru dateng, padahal harusnya jam 2 dia mulai praktek. Jiaaahhhhh. Yasudalah ya..

Di RS. Hermina ni bagus juga, ada program senam hamil, visit kerumah setelah lahiran (diajarin tetek bengek ngurus baby), klinik laktasi, dll. Ini gw tau dari suster2 yang jelasin panjang lebar sembari gw nunggu antrian dokter. Gw yang masih kosong melompong ilmu2 beginian cuma bisa ngangguk2 sok ngerti, hihihihii....

Setengah jam lah kira2 akhirnya gw dipanggil (lebih cepet daripada dokter sebelumnya, gw mesti nunggu 1.5 jam sampe akhirnya dipanggil!). Masuklah ke ruangan dokternya. Ooohhhh ini dia dokternya. Langsung senyum ramah dia, potongan rambut pendek gitu. Baru duduk basa basi sebentar, langsung disuruh naek ke ranjang buat USG. Tau aja dia gw dah ga sabar mau liat si imut :p
Pas di USG, gw sama Satya langsung amazed. Si imut udah gedeeeeeeeeeeeeee! Udah ada kaki tangannya gitu, jelas! Belom slesei amazed-nya kita, kita bengong lagi pas liat dia lompat. Yep, dia LOMPAT bok!
Satya sampe nanya, itu gara2 alat USG-nya yang digerakin, atau babynya yang gerak. Dokternya jawab, "saya ga gerak2in alat USG-nya pak, itu tadi bayinya loncat." Subhanallah, gw rasanya mau nangis saking bahagianya. My baby is so active. Alhamdulillah....

Ni dia hasil USG-nya yang di-print-in sama dokternya (tanpa nanya. Mungkin karna dia liat kita over-excited banget ya, jadi langsung di print aja tanpa nanya.)
Our active baby (12W3D)
 Yang di kanan tu posisi dia membal abis loncat, pantat duluan yang nyampe. Huhahahahahak! Di sebelah kiri itu dia lagi goyang2in kakinya, mungkin maenin aer ketuban gitu ya..krucuk krucuk..
Udah jelas ya kepala, perut, kaki & tangannya...*mata berkaca-kaca*
Ga bosen2nya liat poto USG ini. Gw jadiin wallpaper BB gw :')

Turun ranjang abis USG, gw langsung nanya buanyaaakk banget (list pertanyaannya gw bawa dong di pregnant journal yang gw bawa. Huehehe..).
Ni dia pertanyaannya:
1. Kalo lagi rebahan, dari perut sering ada suara kayak perut keroncongan & sakit, padahal udah makan & muntah kalo ditambah lagi. Itu knapa ya?
Itu berarti baby masih mau makan. Coba makan porsi2 kecil, seperti biskuit, roti atau buah. Jangan dipaksa makan besar kalau terlalu mual.

2. Saya tidak bisa minum susu hamil, bawaannya pasti eneg. Kalau saya ganti dengan susu ultra milk coklat yg kotakan, apa tidak apa2?
Tidak apa2. yang penting diusahakan minum susu. Susu ultra milk ini juga tidak mengandung pengawet, sudah dibuktikan sama anak saya yang pernah kerja disana.

3. Pantangan makanan apa untuk kehamilan saya?
Kurangi nanas, duren, karna katanya panas untuk kehamilan. Kopi boleh, tapi jangan lebih dari 1cup/day (small size ya..) 

4. Saya operasi usus buntu sekitar Desember, apakah bekas jahitan ini tidak mengganggu kehamilan?
Beda posisinya. saya pikir tidak akan mengganggu.

Dokter ini ramah banget, senyum terus, ga buru2 jawab pertanyaan gw, santai & keibuan banget. Gw sukaaa! :D Kayaknya bakal lanjut sama dia terus. Gw juga seneng sama RS nya. Lumayan deket sama rumah, trus ga terlalu crowded dalemnya meskipun kmaren gw ksana Sabtu loh.

Dijalan pulang, kita ketawa2 cekikikan ngebahas aksi lompat si imut tadi..

"Nak nak, kamu bisa banget bikin papa mamamu ini kaget. Yang sehat2 ya nak, we would do anything to make sure you're healthy." :'))

2 comments: