Wednesday, January 18, 2012

Baby Blues?

Banyak temen2 gw sesama ibu2 muda yang kmaren2 ni nanya sama gw: "Kena baby blues ga lo, Vit?"
Gw cuma mesam mesem bingung. Lha karna emang bingung, kena ga ya? :)

Apa sih Baby Blues?
Baby blues adalah perasaan kacau-balau yang melanda ibu yang baru melahirkan.
Source: Bayikita 

Gw inget banget hari2 setelah melahirkan itu: CAPEK BANGET! banget2an deh pokoknya. Suami udah balik kerja lagi (setelah cuti 2 hari yang habis buat nungguin di RS aja), mamah ada sih tapi juga sibuk ngurus butiknya (abis lahiran gw masih tinggal sementara dirumah mamah). Babysitter blom dapet, pembantu ada tapi semua sibukkkk.

Jadilah gw megang Rafi sendirian most of the time. Urusan mandi2in sih masih mamah (karna gw-nya takutan mandiin dia, masih kecil banget gitu kannn), sisanya gw. Dari pagi sampe maghrib, karna abis maghrib mamah baru agak lowong, gantianlah mamah yang pegang Rafi. Waktu tidur hampir ga ada, palingan pas Rafi tidur gw tidur bentar (itu juga akhir2nya waktunya gw manfaatin buat pumping). Kalo gw mau mandi atau makan, mesti oper Rafi ke mamah atau pembantu sebentar (means nunggu mereka lowong sibuknya kan).

Beberapa kali emang gw sempet berasa capek banget & rasanya mau nangis. Liat di kaca, omaigot! Udah kayak ART gw. Sumpa! Lecek, daster udah kumel penuh ompol & gumohan bayi, rambut diiket acak2an & jangan tanya muka gw ya.. T_T
Hubby yang pulang dari kantor malemnya, kayaknya sering banget nemuin gw nangis2 ga jelas atau malah gw ngomel2 ga karuan. Untungnya dia sabar ya.*bersyukur saya ya Allah!*
Maen Twitter & FB juga ga banyak membantu. Liat temen2 yang masih bisa asik2an maen ke mall, nyalon, pacaran, dll. Langsung mengiri & makin setres sendiri. T_T
No more internet from that moment on deh. *masukin laptop ke tas* *buang ke pojokan*

ASI gw keluar deresnya juga baru di hari ke-4, jadilah dari hari 1 - 3 tu Rafi rewellll banget di RS. Intinya di RS gw bener2 kekuras emosi & energi. Nangis2 muluk, capek karna kurang tidur + capek didorong sana-sini buat ngasih sufor (yang untungnya suami & mamah support gw terus buat bisa ASIX).
Perjuangan gw buat ngasih ASI ke Rafi terkabul juga. Hari ke-4 dirumah (keluar dari RS di hari ke-3), Rafi udah bisa mimik dengan lebih tenang. Mamah suggest gw buat mulai pumping. Awalnya gw ga yakin, tapi pas pumping langsung lega liat kalo ASI-nya udah ada, meskipun blom banyak, tapi gw udah makin PD aja :)

Sendirian ngurus Rafi means gendong sana-sini, gantiin celana tiap dia BAK & BAB, dll. Super capek & stressful. Alhamdulillah banget pas Rafi umur 2 bulan dapet juga Babysitter. *gelosoran di lantai*
Skitar 2 minggu seblom gw masuk kerja lagi bisa agak santai. Paling tinggal ajarin BS-nya ini itu. Tidur siang mulai teratur, makan juga lebih tenang (no more makan setengah jalan trus lari ke kamar karna denger Rafi nangis).

So, what do u think? Kena Baby Blues ga gw? Kayaknya hampir kena yak. Hihihihihi...

No comments:

Post a Comment