Wednesday, January 11, 2012

Babysitter Drama.

Sumpe ya urusan babysitter2 ini rempong.

Secara gw working mom, dirumah Rafi dititipin ke mama yang juga kerja (usaha butik dirumah), jadilah tetep kita butuh BS (read: babysitter). Dari gw sebelom lahiran dah niat nyari. Tapi......ternyata nyari BS (in my case, mbak2 dari kampung aja yg diajarin momong baby dari 0) tu susyahnya amit2! Gw dah order buat cariin ke penjuru pelosok, dari sodaranya nyokap di Solo, mami mertua, temen2 sampe mba ART gw. Eh ga dapet2 sampe gw dah lahiran pun T_T

Abis lahiran slama cuti melahirkan itu gw grabak grubuk ngurusin Rafi sendirian most of the time, karna nyokap cuma bisa bantuin dari maghrib sampe malem. Alhamdulillah karna tamu2nya ga brenti2 dateng :')
Badan pun rontok, mungkin itu juga rahasianya knafa berat badan gw cepet banget turunnya abis lahiran, hihihihi...
Mana Rafi tu pas newborn lumayan gampang cranky, ditambah ASI gw yang blom terlalu deres ya, jadilah gw sering nangis2 bombay karna cape banget + worried ASI ga cukup. Hubby pun udah kerja, baru pas dia pulang gw baru mewek2. Baby Blues kah? Soal ini nanti gw post di post slanjutnya deh ya.

Back to BS issue. Akhirnya dapet juga BS pas Rafi umur 2 bulanan. Sekitar 2minggu sbelom gw balik kerja. Orang Pangandaran, dapet dari temennya mamah. Dia katanya pengen banget kerja karna suaminya kerja jadi sopir dideket rumah mamah sini. Okelah, gw mulai ajarin dia how to handle my baby. Everything went well, sampe ibunya sakit & Teteh (that's how we call her, karna dia org Sunda) minta pulang kampung sebentar buat jenguk ibunya & jagain anaknya yang selama ditipin disana ya ibunya yang biasa jagain.

Beberapa hari setelahnya dia sms, kalo ibunya masih sakit, which means anaknya ga ada yang jagain. Gw fanik, karna tau itu artinya dia ga bisa balik lagi. Setelah berembuk sama  mamah & suami, akhirnya keputusan dibuat: dia balik aja kesini bawa anaknya. Kerja nyambi ngurusin anaknya. Why? because we didn't have any other choice that time :(

Slama ada anaknya, dia kerja ga fokus + gw & hubby super concern sama 'kelakuan' anaknya. Apa2 juga dipegang, maen2 di got, & tiduran di sembarang tempat. Gw & hubby cuek aja, sampe suatu hari, dia megang2 Rafi! Yesh baby, dengan tangannya yang pastinya belom dicuci abis maen2 itu! Hidiihh! *jambak2 rambut sendiri*
Udah gw tegor si Teteh, tapi kayaknya kjadian itu beberapa kali kejadian lagi T_T
Mamah & hubby minta gw sabar karna kembali ke leptop eh masalah sebelomnya: susah cari orang buat gantiin dia. Cari ART yang mau momong bayi tu susah banget kan yak! T_T

Akhirnya Teteh minta ijin balikin anaknya lagi ke kampung karna ibunya udah sembuh. Bernafas lega? Eh, ternyata ga lama loh. 
Dia 1bulan kemudian minta brenti kerja, karna katanya anaknya dipukulin temennya di kampung. WTF?! Bohong? Ga tau juga ya, gw dah males nanya2 lagi. Yang pasti gw again: FANIK.
Setengah begging gw minta dia stay dulu sampe gw dapet penggantinya, karna ga mungkin mamah bisa momong Rafi sendirian & gw ga bisa cuti mendadak. Dan yak, 3 hari kemudian dia udah dateng lagi kerumah bawa anaknya lagi --"

Meanwhile, gw kembali triak kesana sini minta dicariin orang buat gantiin Teteh. Mamah, mami mertua, sodara2 di kampung smua sibuk nyariin. Gw yang seblomnya paling anti ambil BS dari yayasan jadi sibuk juga nelpon2 hampir semua yayasan (yang list-nya gw dapet dari blogwalking) buat order. Alamakjang, gajinya pemula aja udah 1jutaan keatas buat yayasan2 di Jakarta, tapi kalo dari yayasan2 dari Jawa masih ada yang mau digaji 800rb- 950rb/bulan. Tapi biayanya bukan cuma gaji aja, ada biaya adm: range 400rb-1jt. Eeerrrrrrrrrrr...*tepok jidat*

Gw dah hopeless. Gw pikir pasti lama lagi dapet penggantinya, yang brarti gw mesti elus2 dada & sabar aja liat kelakuan anaknya Teteh yang masya Allah bandelnya. Name it: maen di kubangan, nyemplung ke got, tidur2an di keset, triak2 minta makan sama emaknya, megang2 tangan Rafi, dll. Hufff, sabaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr...............

Tapi ternyata doa seorang ibu yang lagi setres ini dipenuhi Sang Gusti. Asih, ART-nya mami mertua punya temen sekampung yang lagi nyari kerjaan. Namanya Uti. Blom nikah, umur 20, dari Lampung, tapi wong Jowo. Gw telpon, orangnya kayaknya nurutan & ga neko2. Langsung gw minta dia brangkat secepatnya karna Teteh juga udah mendesak mau kluar.

Yayyness? Tnyata blom jugak bok!
Sabtu pagi tanggal 31 Desember kmaren tiba2 gw ditelpon Uti, dia ngabarin kalo dia udah di pelabuhan Merak, brangkat sama orang sekampungnya, yang ternyata makelar ART. Dia ngbolehin Uti brangkat kerja sama gw, asal gw mau bayar biaya adm 600ribu! Haaaaaaaaaaaaakkk??!
Padahal Uti ga ngomong kalo dia tuh udah under makelar gitu2an lah. Kesiannya, tnyata dia ga ngeh kalo si Pak Bambang ini makelar ART, dipikirnya brangkat bareng aja ntar gw tinggal ganti uang transport aja ke dia. Polos bener ya si Uti --"
Antara kesel & kesian (si Uti mohon2 maunya kerja sama gw), gw mikir kalo gw ga mau bayar, dia bisa aja dikasih kerja ke orang laen (yang dia ga mau), gw negolah sama si makelar itu, harga turun sampe 400ribu exclude transport kerumah gw 100ribu. Total: 500ribu! T_T
Lemes gw. Iya aja deh daripada ya si Uti gagal kerja sama gw. *lap keringet*

Sampe hari ni, Uti udah kerja 11hari. So far orangnya nurutan, ga banyak ngomong, ga mabok naek mobil (Alhamdulillah! Teteh dulu ga kuat naek mobil, jadilah gw kmana2 sama hubby aja berdua urus Rafi kalo pergi2), & telaten ngurus Rafi & printilannya. Semoga drama BS ini brakhir sampe disini.

Capek juga kalo tiap taun ada kjadian bgini yak.

Aamiin ya Allah! *sujud sembah*



No comments:

Post a Comment