Monday, January 2, 2012

Oh No, Nursing Strike!

I am a breastfeeding mother & I'm proud of it. Because 'til now, I'm still struggling to keep breast-feeding my baby.

Siapa bilang menyusui itu gampang? Perjuangan juga bok!
Dari massage payudara (yang sakitnya ampun2an kalo lagi bengkak), ngumpulin stok ASI di botol kaca selama cuti melahirkan, sampe nahan2 sakit kalo Rafi mimiknya sambil iseng gigit2 nipple. 
Eits, blom sampe situ aja, kemaren ni Rafi kena nursing strike....sampe 2 x!


Apa sih nursing strike itu?
Nursing strike / mogok menyusu adalah ketika seorang bayi menolak untuk menyusui, dan tidak dalam proses disapih.
Beda dengan disapih ya yang bertahap. Nursing strike ni datengnya tiba2. 

Gw sbenernya udah dari awal tau soal nursing strike ni, tapi bener2 ga kepikiran kalo Rafi bakal kena juga. Eh ternyata kena juga ya :( 
Tiba2 aja malem itu pas dia nangis karna haus, gw buka bra biasa mau nyusuin dia, eh Rafi malah nangis histeris & dorong2 dada gw pake tangannya. Gw yang awalnya ga ngeh itu nursing strike, mikir kalo dia bukan haus tapi ngantuk. Jadilah gw gendong. Tapi anehnya, nangisnya ga brenti2 :(

Anehnya, pas dia udh kriyep2 atau bobok, malah lancar mimiknya, ga pake nangis lagi. Pas kebangun besok paginya, again, dia histeris. Nangis sampe kayang2. Hhuhuhuhuhuhu, gw jadilah ikutan brebesmili. Feeling gw bilang there's something wrong. Pagi itu, gw minta hubby siapin botol dot buat dimimikin ke dia. Dan bener aja, Rafi langsung minum 100ml lebih, ga bersisa. Meweklah gw. Positif dia nursing strike :( 

Pertama kali Rafi kena nursing strike ni pas dia umur 3bulan, 2minggu dari gw masuk kantor lagi setelah cuti melahirkan habis. Dan dari yang gw baca2, nursing strike ni sebabnya karna adanya perubahan. Dan bayi mulai umur 3 bulan sudah mulai bisa ngrasain perubahan itu. Dia mungkin ngrasa kok mamanya lebih sering diluar rumah ya daripada sama dia. Huhuhuhu, andaikan kamu tau mama kerja juga buat kamu, sayang :(

Rasanya? Ngrasa kayak ditolak sama anak sendiri. Gimana tuh rasanya. Nyesek banget. Ngerasa dia lebih milih botol dot daripada emaknya sendiri. Tiap dia nangis ga mau nyusu, gw sampe ikut brebes mili + ngajak ngomong Rafi sambil mewek. Tapi gw ga mau nyerah gitu aja, gw ga mau dia brenti nyusu ke gw cuma gara2 ini. Gw browsing2 dan nemu beberapa solusi yang bisa diterapin selama dia nursing strike:
Tindakan berikut dapat membantu mengatasi mogok menyusu:.
  1. Cobalah susui si kecil saat ia mengantuk atau menjelang tidur. Banyak bayi yang menolak menyusu ketika keadaan bangun akan kembali menyusu saat mengantuk
  2. Coba beberapa variasi posisi menyusui. Terkadang menyusui sambil berbaring juga membantu
  3. Susuilah si kecil sambil diayun atau berjalan-jalan.
  4. Pilihlah tempat menyusui yang bebas gangguan. Beberapa bayi khususnya yang berusia 3 bulan ke atas mudah terganggu. Matikan radio, tv atau redupkan lampu ruangan akan membantu anak mau menyusu.
  5. Berikan perhatian ekstra utk si kecil dan lakukan lebih banyak skin-to-skin contact. Sering mengelus anak akan membuat ibu dan anak nyaman.
  6. Sering-seringlah menggendong si kecil dengan sling atau carrier diantara waktu menyusu juga dapat membantu.
Buat Rafi, nomer 1, 2 & 5 yang banyak membantu selama fase nursing strike ini. Tiap anak beda2 sih ya.
Nursing strike yang pertama itu slesei di hari ke-7. Tiba2 pas wiken dirumah mertua, dia mau aja gitu mimik langsung. Ga pake drama. Alhamdulillah. *lap kringet*

Gw pikir nursing strike cuma bisa kena 1x. Ternyata gw salah. Skitar 2 minggu setelah itu, Rafi kena nursing strike lagi :'(
Kali ini lebih parah daripada sebelumnya. Kalo yang sebelumnya, tiap dia ngantuk / bobok bisa gw jejelin & dia mau nyusu. Kali ini dia tetep ga mau & histeris meskipun lagi ngantuk2nya ataupun pules bobok :(
Suami ngasih ide: coba dipancing sama empengnya. Dan...berhasil! *sujud syukur*
Jadi caranya: kasih empengnya dulu, nah diliat ritmenya, kalo dia dah brenti ngemutnya, langsung tarik empengnya, jejelin nipple. Nyut, langsung dia mimik lancar. Nah, biasanya kalo dia lagi mimik gitu, gw sambil ngomong kata2 yang intinya ngajak dia buat tetep mimik sama gw daripada sama dot: "Rafi pinter, kalo mama lagi ada dirumah sama Rafi, Rafi mimiknya sama mama aja ya. Kalo mama lagi pergi, baru Rafi mimik pake botol ya." Terus gitu berulang2.
Tapi kalo dia udah tlanjur nangis kejer, cara ini juga gagal. Jadilah harus digendong gw / bapaknya kliling2 rumah dulu sampe tenang. Trus? Ulangi proses pancing empeng tadi. *peres lap kringet* T_T

Dan...baru skitar semingguan ni Rafi sembuh dari nursing strike. Means, sekitar 3 minggu gw & hubby sama2 berjuang ngelawan 'ngambek'-nya Rafi ini.
Panjang sanget. Ada beberapa kali gw & hubby sampe mesti sediain termos isi aer panas dalam kamar + botol dotnya. Siap2 aja in case Rafi ngamuk & histeris ga mau nyusu, bisa langsung panasin ASIP & minumin dia pake botol dot. Idealnya, emang kata 'emak2 ASI itu' kalo lagi nursing strike gini botol dot harus dibunag jauh2. Tapi gw tetep pertahanin dot yang penting anak gw minumnya banyak & mencukupi, karna pake sendok udah dicoba, & malah tumpah kmana2. Emangnya kalo gw paksa pake sendok, & Rafi dehidrasi, tu emak2 mau tanggung jawab? Weekkk!

Alhamdulillah 2x nursing strike udah terlewati. Semoga udah ga ada lagi ya. Aamiin ya Allah! 
*berdoa yg kenceng*


Referensi:

2 comments:

  1. Sama nih kayak aku sekarang ,, mau nenennya posisi tiduran dan klo lagi ngantuk .. selebihnya klo digendong selalu buang muka ... tau klo mau posisi menyusui ... Sakit Hati maakkkk ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya makk...
      baby tu tau perasaan atau mood hati mamaknya,. makin kita fanik histeris makin dia rewel. Huhuhuhu...
      Coba semua tips 1-5 berulang2 ya sambil terus bujuk rayu kalo perlu kluarin rayuan maut: kalo mimiknya pinter nanti dibeliin mainan baru, hihihi...smoga berhasil ya!

      Smangat ya sesama pejuang ASI! *cups*

      Delete