Wednesday, April 3, 2013

Being a Mother is a Very Demanding Role.










Gw jadi kepikiran buat bikin post khusus tentang kehidupan baru gw sejak menjadi 'ibu' buat si krucil Rafi. Sejak gw seriiiiinggg banget denger crita2 temen2 seumuran gw yang juga menjadi 'ibu baru' buat anak mereka, dan jatuh bangun juga kayak gw dulu. Baby blues, depresi, setres. Gedandapan, kalo boso Jowonya.

Bisa dibilang gw bertransformasi menjadi 'ibu' tanpa persiapan, tanpa planning, tanpa kesiapan mental juga tentunya. Lha piye, niatnya gw abis pacaran (yang cuma 7bulan!!) trus merit, gw kbayangnya bakal 'pacaran' lagi setelah merit. Setelah gw & hubby honeymoon ke Bali pun, gw masih tetep keukeuh maunya nunda punya baby sampe minimal 1taon. Hubby sih iya2 aja, tapi ternyata deep down his heart dia pengen banget punya baby, tapi ga mau maksain ke gw juga :')

Pulang dari honeymoon gw pun masih bercita2 traveling lagi sama hubby, honeymoon ke2, ke3 dst. Mau keliling pantai2 di Indonesia ceritanya. Ga ada kepikiran punya anak, karna gw dah hopeless duluan kali ya, sejak dokter vonis gw ada kista sebelum gw merit. Hampir diangkat sebelah indung telor, untung second opinion bilang ga perlu. Fuihh... *____*

Tapi ya itu ya, kembali ke "Manusia hanya bisa merencanakan, Allah yang menentukan", skitar 2minggu dari kita pulang honeymoon, tiba2 gw dah di ruangan operasi aja untuk operasi usus buntu. Sebelum operasi inipun harus tes urine, smacam standard procedure lah ya. Ngeselinnya, hasil tesnya baru keluar besok paginya.

Knafa ngeselin? Karna pas pagi2 gw buka mata, dokter jaganya dateng sambil mesem2 bilang kalo gw positif hamil. WHAT???!
Gw brasa loncat saking kagetnya! Gw ga percaya, dan dokternya nanya, 'ibu udah telat mens berapa hari?'. Alamakkk gw tepok jidat, udah telat mens 5harian kayaknya, dan gw ga sadar karna emang biasanya juga mensnya ga teratur. *uyel2 jidat*
Disaat mama, hubby & mertua heboh mikirin gimana kedaan janin ini setelah kmaren 'diobok2' dokter pas operasi, gw justru ga terlalu mikirin itu. Jahat memang, jujur, yang gw pikirin cuma 'kok bisa???'
Selain dari segi gw ada kista yang dokter bilang 'ada kemungkinan sulit punya anak', gw juga belom ngrasa gw & hubby 'berhasil' dari segi *ehem ehemmmmm*. :))))

Kesiapan mental nol besar, apalagi dari sisi keibuan. Belom lagi gw harus ngelewatin trimester pertama yang rasanya super menyiksa. Mual + muntah setiap hari, sehari bisa muntah 2-3x tiap abis makan. Semua makanan gw coba dan hampir semuanya mental keluar. Berat badan gw pun turun 3kg di 4 bulan pertama. Dari luar mungkin gw ga ngeluh, tapi dalam hati gw sering 'teriak'. Gw kadang ngrasa ga sanggup, untungnya hubby slalu sabar & siap sedia support. The other day, gw pernah muntah & nangis, eh makin mewek pas liat hubby yang bersihin. Subhanallah...
Dia yang kebapakannya keluar duluan kali dibanding gw yang keibuannya belom keluar sampe trimester kedua pun. *sigh*

Trimester ketiga gw mulai sayang sama janin ini, karna dia sering ngelus2 dinding perut gw disaat gw sedih/marah. Dan gw selalu luluh & terpesona. Dia yang belum lahir aja udah bisa ya nenangin mamanya ini...*mewek*
Langsung merasa bersalah di awal2 hamil gw bersikap 'cuek' sama dia.
Mulai darisitu gw mulai ikutan kelas2 hypnobirthing, kelas aimi asi & senam hamil. Semuanya keroyokan deh. Niatnya mau lahiran normal, IMD juga supaya ASI-nya banyak.Alhamdulillah lahiran bisa normal, meskipun  harus ngelewatin proses dengan induksi 2x (yang sakitnya cetar membahana!!). IMD lancar juga.

Eits, tapi ternyata tantangan bukan cuma sampai situ. Setelah Rafi lahir, mulailah drama tak berujung. ASI gw ga langsung banyak, gw & hubby niatnya ASI ekslusif, mama juga dukung. Tapi ada kluarga yang dorong kita untuk kasih Rafi sufor aja slama ASI gw blom lancar. Emang karna ga tega sih, tapi cara penyampaian & body gesture-nya yang bikin gw super tersinggung. Gw mewek sejadi2nya pas mereka pulang, hubby pun nyoba nenangin gw & ambil alih gendong Rafi yang nangis kehausan. Keadaan siaga 1 saudara2!
Super rame lah pokoknya kamar gw, sampe kepala susternya dateng nanya ada yang bisa dibantu gak. Hihihihhi...

Alhamdulillah ya Allah, ada mama & hubby yang olweis nemenin dari awal lahiran & support ASI. Rafi alhamdulillah bisa pulang bareng kita walaupun angka bilirubinnya hampir kuning waktu itu. Dirumah pun tetep berlanjut dramanya, ASI masih juga blom lancar & Rafi yang rakus banget minumnya ga sabaran. Gw depresi, baby blues, u name it lah. Sering banget nyusuin Rafi sambil nangis, doa supaya ASI bisa cepet lancar supaya Rafi ga kehausan lagi. Mama tetep support ASI, ga pernah sekalipun beliau suggest kita untuk subsidi dengan sufor. Disaat gw dah super capek (harus nyusuin Rafi & pumping setelahnya slalu), mama ambil alih Rafi untuk nidurin & gendong supaya gw bisa istirahat sebentar, makan atau mandi.
Seringkali gw nangis dibawah shower, ngrasa bukan ibu yang baik buat Rafi, tapi disaat yang sama juga pengen pergi buat seneng2 & ngelupain semua ini sebentar aja. Egois memang. That's what they call baby blues I think.

Tapi 'badai pasti berlalu' itu bener banget ya, kira2 2 minggu setelah itu ASI gw mulai lancar, karna gw dah mulai pumping & stok ASI juga kayaknya, jadi produksi terpompa naik. Rafi udah mulai bisa tidur tenang abis mimik ASI. Rasanya gw sering juga nangis bahagia liat Rafi bisa tidur nyenyak setelah berhari2 dia ga pernah bisa tidur kekenyangan kayak gitu. Gw tidur disebelahnya sambil nyium2in dia & berterima kasih ke Allah karna mau kasih gw kesempatan untuk menjadi ibu buat Rafi. I may not be the best mother in the world, but I will do my best to be the best mother for him. 

Menjadi ibu itu high demanding, betul sekali, tapi menurut gw itu semua sepadan dengan apa yang kita lalui bareng2 sama anak kita. Melihat dia tumbuh, manggil kita 'mama' untuk pertama kalinya, lari2 nyambut kita pulang kerja, sampe tidur ngerungkel2 ke kita tiap mau tidur. Feels like I'm in heaven :')
Kalo bicara soal high demanding itu luas lho, high demanding bisa datang dari diri kita sendiri, dari keluarga, sampe dari temen2 & lingkungan sekitar. Gw sih udah seeriiinnnnng banget di 'nyinyirin' ibu2 lain sampe orang yang belum pernah gw kenal sekalipun. Disaat gw setres, hubby yang ingetin 'hey, ini kan anak kita, punya hak apa mereka ngejudge kamu sebagai ibunya seperti itu? apa mereka tau apa aja yang udah kamu hadapin?'. Yes they have no idea. Thanks hubby for reminding me. *kiss*

Pengakuan sebagai ibu yang baik buat Rafi itu bukan dari keluarga, temen2 ataupun forum ibu2 sekalipun. Tapi dari Rafi sendiri. Insya Allah ya nak...

No comments:

Post a Comment