Thursday, January 3, 2019

Semua Salah Mama. Pasti Ibu yang Disalahkan.

Gak percaya? 

Yeuk kita analisa (TSAH bahasa tingkat tinggi nih) kasus2 dibawah ini trus monggo deh komen (di kolom komen dibawah ya!) *teteupp fakir komen* 😜

1: Anak sakit.
'Pasti mamanya ga becus nih ngurus anak, jadi anaknya sakit2an mulu."

2. Anak nakal.
"Mamanya sibuk sendiri sih sama temen2nya, jadi anaknya bebas tuh gangguin orang2 disekitar."

3. Anak jatoh.
"Nah kan, emaknya sibuk main hape sih!"

4. Rumah berantakan.
"Gimana sih si ibu? Baru anak 2 ngurus rumah aja ga becus."

Belom lagi aktivitas si ibu ikut diteror. RAWWR! *awas cakaran ibu setres*

5. Emak nyalon.
"Enaknya nyalon anak ditinggal. Tega banget ninggal anak sama pembantu demi nyalon!"

6. Emak ke mol.
"Seneng2 ke mol anak ditinggal dirumah. Tega!"

7. Emak demennya nonton TV.
"Anak ikutan nonton film orang gede, itu ibunya egois banget sih!"

Coba kalo keadaannya dibalik? Yo teteup salah ajeeee. *sikat betis pake golok*

8. Anak ikut ke salon.
"Kesiannya anak ikut diajak ke salon, rame banget gitu lama pula nyalonnya. Ga takut kecapean apa itu anaknya? Egois mamanya demi nyalon bikin capek anak!"

9. Anak ikut ngemol.
"Itu ngapain anaknya dibawa jalan sama temen2nya si ibu juga? Dipikir anaknya ga capek ya seharian jalan? Egois!"

10. Emak nonton TV di kamar.
"Nonton TV di kamar, dasar ga mendidik! Kasih contoh dong, kalo anaknya minta TV di kamarnya juga gimana?"

Itu kasus2 diatas baru urusan anak. Blom urusan suami, blom urusan rumah. Loh kok banyak?
YAIYALAAAHHH. Wanita kan pusat alam semestaaaa! *sibak gorden*

11. "Si ibu itu pergi2 sama suaminya ga pernah dandan modis. Gitu gitu aja gayanya. Kalo suaminya disamber pelakor baru nyesel!"

12. "Si ibu itu kok ga pernah masak, jajan mulu. Kesian suaminya ga pernah dimasakin."

13. "Kalo pergi pasti suaminya yang gendong anak, si ibu asik aja petantang petenteng blanja. Dasar penjajah laki!"

So typical. So JUDGMENTAL.
Knafa yak gampang banget pointing fingers to others, berasa kayak ngertiiiiiiiiiiiiii aja apa yang mereka jalanin. Hey, itu kan hidupnya mereka, you know nothing! Meskipun kluarga kek, temen deket kek, you know nothing. Lo gak tau isi hatinya, apa permasalahan hidupnya dia, you (again) KNOW NOTHING.

Coba dipikir dulu sebelum nuding. 
Bayangin misalnya aja nih (kasus 2), si ibu jaraaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget bisa pergi2 karna emang lagi low budget banget buat jalan, sekalinya bisa jalan ketemu temen2 doi senenggg banget dong. Keasikan ngobrol sama temen2nya catch up stories, meleng 5menit aja anaknya ternyata udah ke table orang lain geser2 kursi orang sampe dipelototin orang lain. TRUS salah emaknya? Like, really?

Mirip nih sama kasus 9, si ibu udah sumpek banget drumah nih, jarang banget kluar rumah. Skalinya temennya ngajak ketemu di mol, she decided buat bawa anaknya yang masih ng-ASI karna ga mungkin ditinggal drumah. Trus salah emaknya kalo anaknya ikut ke mol karna emaknya udah jamuran banget drumah? 

Itu baru gw ulik fakta si ibu dari 2 kasus, see what I mean? Slalu ada 2 sisi cerita dalam setiap kjadian. Ga segampang itu loh nuding seseorang kayak lo udah tau seisi hidupnya dia. PUH-LEASEEEEEE!

Familiar? Yang bilang gak, pasti blom pada punya anak. Ya wajar blom kbayang. OH WAKTUMU AKAN TIBA. Hahahahak *ktawa miring*

Itu adalah beberapa komenan2 yang seriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing (lebay? bodoo!) banget gw alamin. Dari jaman anak pertama, sampe skarang anak ke2 juga masih aja dateng ni tipe2 komenan macem bgini. Pengen nyambelin, BANGET. 

Yang gw liat, di dunia (ga cuma di Indonesia, we're not alone ladiesss!) perempuan itu dianggap harus maha sempurna. Harus cantik, harus modis, harus awet muda, harus menyenangkan, harus pinter dalam sgala hal, harus jago ngurus anak, jago ngurus suami, jago  beresin rumah, bisa nyuci, ngepel, nyupir, benerin sepeda, ganti filter air, ganti ban mobil kalo perlu ganti genteng pas hujan badai tsunami! YA KALEEEEEEEEEE! Itu manusia apa dewa dewi??

Credit title: google.co.id

Noh diatas ada yang ngrasain kayak gw. TOSSS! *busung pinggul*
Emak itu juga manusia kale; kalo drumah mulu ya sumpek, kalo ga punya temen ya kesepian, kalo ga ada temen crita ya hampa, kalo dinyinyirin terus ya sakit hati lama2 (mau berhati baja juga teteeupp cewe smua punya prasaan), kalo kcapean ya bisa sakit!
Bukan robot, yang ngurusin rumah-anak-suami bertaun bisa ga perlu di-charge. Robot aja perlu re-charged apalagi manusia HOY!

KZL.

Heran gw udah tradisi kali ya kalo standar jadi emak & istri itu setinggi itu?
Jadi bagian dari tradisi juga gitu kalo si ibu salah dikit, trus di tuding rame2 sambil di-nyinyirin?
Hey, yang paling sempurna itu cuma Allah woy! Kita ini mah apah atuh cuma remahan rengginang kalo mau jadi sempurna 😣
Kadang kalo dapet komenan2 sinis gitu pengen melototin sih sampe mata gw berubah warna (eh bisa gak?), tapi apa daya....

Perempuan itu kalo udah menikah jadi punya posisi ganda. Sebagai istri, ibu, menantu & anak.
Bayangin kalo yang komen2 macem bgitu suami sendiri, atau mertua atau ibu sendiri...ya kali brani melototin? Aku mah nunduk aja atuh. Sambil ngelap air mata pake sekop. 💔💔

Buat para suami di luaran sana.



Ketahuilah bahwa mengurus pekerjaan rumah itu adalah never ending story nya para istri. Jangan pernah sekalipun menyalahkan istri atas 3 hal berikut :

-rumah berantakan

- cucian belum dijemur

-setrikaan menumpuk

Kamu menikahi seorang wanita bukan seorang pembantu. Jadi seharusnya kamu menyediakan ART untuk membantu istrimu mengerjakan pekerjaan rumah tangga.
Credit to: http://www.windiland.com/2017/02/istri-selalu-salah.html

Ternyata ga cuma gw yang ngena sama pengalaman miris macem ni. Hasil browsing2 gw nemuin cewe yang curhat topik yang sama. 👆
Itu khusus buat suami2 yang mulutnya pada pedesnya jahanam (untung pak kapten pengertian dan penyayang 😘). Kalo mau semua urusan rumah rapihjali mah carinya ART bukan istri kaleeee! *tarik urat*

Nah, yang lucu (dan sering bikin pengen lempar molotov mini) adalah....yang sering2 komen pedes gini tu perempuan juga!!! 😤😤😤
Gw heran, bener. HERAN BANGET. Kalo umurnya diatas kita dan lebih berpengalaman, apa dulu mereka ga pernah ngalamin di posisi kita? 
Anak masih kecil2, kita sumpek karna semua orang nyalahin kita? Boro2 bantuin, ditoyor2 (dituding maksudnya maap maap metapor) dan diomel2in iye! *cocolin ke beling belinggg!*
Apa malah dulu doi digituin juga kali ya? Terus dendam, terus ngelanjutin tu dendam kesumat ke generasi kita nih biar ngerasain juga. Gw heran, itu dendam apa ospek?? Dulu kena sama senior trus pas doi jadi senior gantian bully yang junior??
Oh ada teori lain sih, mungkin juga doi hidupnya skarang miserable atau bosenin, jadi doi cari kerjaan deh tuh, yang ending-nya bikin hidup kita susah juga. Doi seneng kalo kita susah dong ya. Manusia macam apa ituh 😡😡


Sementara itu, di sisi lain, peran ayah bukan menjadi perhatian penting. Namun, justru bukannya tak penting, karena ayah aman dari berbagai limpahan kesalahan. Saat ayah tak menafkahi keluarga dan ibu bekerja keras untuk menutupi kebutuhan sehari-hari sedikit saja sumpah serapah yang ditujukan kepada ayah. Saat ayah tak hadir di tengah keluarga karena sibuk bekerja tak banyak keluhan atau kesalahan yang dilimpahkan kepadanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perempuan Selalu Disalahkan karena Tak Sempurna?", https://lifestyle.kompas.com/read/2011/01/14/16522668/perempuan.selalu.disalahkan.karena.tak.sempurna
Ini juga yang aneh nih, yang disalahin ibunya muluuuuuuuu. Lah bapaknya knapa ga pernah disentil sik?? Padahal kan yang bikin anak ya berdua kan, si bapak & ibu, ya kali si ibu sama kucing garong kan enggak. *maap kalo esmosi suka ngarang*
Trus urusan rumah juga yang disalahin ibunya muluuuu, padahal kan itu juga rumah berdua kan ibu & bapak. Bukan rumah ibu kos dan bapaknya cuma numpang. H-E-R-A-N.

Kegemesan tingkat tinggi gw ini juga berlaku sama sesama2 ibu2 yang seumuran (HELOOOHHHHH seumuran loh) dan juga masih nyinyirin emak2 yang sebelahnya. Heyhooo buibu yang cantik rupawan, heran deh eyke kok demen banget nyinyirin ibu sebelah? Mending rumpiin lippen trus nabung buat beli. Minimal ada gunanya kan jadi barang?!
*brb ngunyah kerupuk*
*ye maklum aja kalo esmosi suka ndadak laper jugak*

So, moral of the story-nya apa? Udah panjang2 nulis harus ada moral of the story-nya dong biar keren. *yes okeh vit*
Moral of the story: urusan per-nyinyiran dunia ibu2 ini udah jadi tradisi di dunia. Kita ga akan bisa mutus rantainya kalo ga mulai dari diri kita sendiri.
Gimana kalo mulai skarang kita mulai dari diri kita untuk tutup mulut kita tiap kali mulut kita gatel mau komenin orang lain?
Try our best to speak positivity only. Otherwise, keep silent just smileeee 😊
Dan ini juga yang gw mulai lakukan dari beberapa waktu lalu. Awalnya berat loh, jujurrr, gatel bener kalo liat sesuatu yang orang lain lakuin gak sesuai standar kepantasan gw, gw pengen komen. 
Tapiii, makin ksini lebih gampang untuk kontrol. Lebih gampang to let it go, as long as ga ganggu kluarga gw dan gw pribadi, yasudah. *inhale exhaaaalee*

And life will become more positive in our eyes and others.
Let's start spreading the positivity to the world! 💓💓💓💓



No comments:

Post a Comment