Tuesday, December 19, 2017

Kelahiran Normal Spontan yang Nikmat :)

Akhirnya ada waktu juga buat nge-blog dan ceritain proses kelahiran Aafiya, adeknya abang yang manis & imut2 :p
Susah juga loh ternyata juggling between pumping-breast feeding-handle si abang & blogging :s

Dari kehamilan yang penuh drama (dari awal sampe akhir ga napsu makan, cuma bisa makan sayur & gorengan :p YEE TETEP, HIDUP GORENGAN!!) :)), akhirnya pas di kehamilan 37 weeks obgyn tercinta yang rock & roll tapi baeeeekkkk banget bilang kalo sampe 40weeks ga lahir2, yang pas di tanggal 7, terpaksa harus di-induksi :'( Setres langsung gw, gimana gak, keinget kalo dulu waktu lahiran abang prosesnya lebih dari 24jam pake induksi. Dari infus 2 ampul sampe akhirnya induksi vagin* yang rasanya antara idup & mati, badan bergetar semua sampe ranjangnya pun bergoyang! Tsah.


Jadilah semingguan gw galau....si abang, biasa, dengan instingnya yang entah dateng darimana nyemangatin emakke:

"Tenang aja mamah, adek nanti lahirnya tanggal 3 kok, hari Minggu. Lahirnya pagi2 kok, jadi ke rumah sakitnya ga macet. Lahirannya lancar kok mamah."
Dan gw tenang, padahal belom jelas juga tuh beneran apa gak tanggal 3 lahiran :DD

Usaha lah gw buat bisa lahiran normal karna gw takut banget lahiran caesar. Untungnya dari 30w gw sempet ikutan hypnobirthing sama doula, jadi smangat buat praktekin ilmu2nya drumah. Dari maen gymball tiap hari sambil nonton tv & nemenin abang maen, relaksasi tiap hari, latian napas abis solat (yang diingetin slalu sama abang :*), dan tentunya sambil doa yang kenceng tiap abis solat *sujud yang lama* *sampe fegel*


Sabtu-nya kayak biasa bapakke ngajak ngemol, katanya pengen nonton Baby Driver (nah kan keinget september ada pilm ini kan :DD). Gw dari pagi Sabtu itu dah ngrasa ada cenut2 dibawah perut, tapi masih santai karna rasanya mirip kontraksi palsu. Jadi masih santai aja nemenin bapakke & abang lunch, trus masih sempet2nya liat2 sepatu & baju2 unyu yang dikeker2 buat adek nanti. Hihihi dasar ye namanya juga emak2 yang seneng akhirnya punya bayi cantik kecil yang bisa didandanin :DD


Sorenya abis nonton, kita kerumah mami mertua seperti biasa, eh kok abis makan malem perut makin kenceng2 trus mulai beritme kenceng & nyut2an nya. Satya dah fanik, gw masih santaiiii macem di pantaiii, hahhahaha :D mungkin karna dah anak kedua kali ya, jadi lebih santai. Iseng2 itung frekuensi nyut2an nya pake timer, eh kok udah 15menit sekali, sambil nyeruputin nanas yang disiapin mami mertua katanya biar cepet brojol, sambil gw jalan2 keliling2 rumah, eh naik terus frekuensi-nya sampe 10menit sekali. Wow this is it, ini namanya kontraksi beneran. *mulai keringet dingin* *deg2an tapi masih klaperan jadi tetep gratakin lemari makanannya mami* :DD


Abang alhamdulillah mau nginep drumah mami, jadilah tengah malem itu kita ke RSIA Bunda berduaan aja (karna emang udah jatuh cinta bgt sama fasilitasnya & obgyn-nya praktek dsini jadi bela2in meskipun jauh banget dari rumah). Pas dicek dalam, kuciwa lah saya, karna kata susternya blom ada bukaan & posisi baby masih diatas jadi masih lama. Huhuhuhu jadilah kita balik ke Rumah Biru deh. :'(


Makin deket rumah masih nyut2an tapi masih bisa beraktifitas seperti biasa. Sampe rumah masih makan salak, ngobrol sama Satya, trus ngantuk bobok deh dengan kontraksi yang udah 5menit sekali. Kebangun sama azan Subuh, Satya solat gw iseng cek pake timer, EH UDAH 3 MENIT SEKALI kontraksinya. Huihuihui azeekkk! Satya slesei solat, gw ajakin ke RS lagi, dia kaget pas gw bilang kontraksinya dah 3menit sekali, mukanya langsung fanik :D Nyetirnya ngebut macem delman pake mesin gitu, nyeruput kanan kiri ga pake itungan 

T_T, padahal gw masih santai, gw bilang pelan2 aja, paling baru bukaan 1. 

Ternyata gw sok tau sodara2 :DD

Sesampenya di RS jam 6, dicek ternyata udah PEMBUKAAN 3. WHAAAATTT?!!? Loh kok cepet  banget gitu pikiran gw berdua, tapi gw makin smangat nunggu bukaan di ruang observasi (penting banget ini di Bold, nanti lanjutannya bakal ngerti whyyy di bold) maen gymball sambil nonton tv, trus masih sempet nyemilin biskuit & minum teh anget. Alhamdulillah ga ada emak, klo ada emak pasti gw dah dicekokin telor mentah katanya biar setrong :o Iya mak, setrong sih setrong, gw gak setrong sama baunya!! T_T

Sejam kmudian, jam 7, dicek dalem EH udah BUKAAN 5. WAAWWHH 1JAM 2 BUKAAN. Mantabb! Mantab pula ngilunya dah mulai muter ke blakang pinggang & punggung udah mulai pegel luar biasa serasa mau copot. Atur nafas makin intens & zikir, Satya ada disamping buat slalu smangatin disaat kontraksi itu dateng. Alhamdulillah ilmu2 hypno-nya nyantol juga, gw kira tu kertas2 ilmu hypno cuma jadi pajangan doang di meja, ternyata doi baca juga :*


Sejam darisitu, mulai aneh, gw brasa mau NGEDEN. Yes, literally pengen ngeden. Ngeden nya ga bisa ditahan gitu loh, kayak udah mau mencelat aja itu isi perut keluar tanpa komando. Faniklah gw karna dulu pas lahiran abang ga ada rasa pengen ngeden, mungkin  karna induksi jadilah manggil2 suster. Susternya juga kayak muka kaget gitu, buru2 cek bukaan, UDAH BUKAAN 8. WELL THIS IS FAST. :o


Nyebelinnya adalaaaahhhhhh...dengan posisi gw nahan ngeden (ngempitin kaki sama merem melek nahan ngeden) GW DISURUH JALAN KAKI NYEBRANG KE KAMAR DEPANNYA. Iyesssss buibuuu, gw udah bukaan 8 dsuruh jalan kaki ke kamar bersalinnya yang posisinya di sebrang kamar yang sekarang gw pake. Gw masih ga percaya sik dsuruh jalan, sampe akhirnya beneran gw dipapah sama 2 suster buat jalan!! T_T

Clingak clinguk nyariin bapakke kok ga ada. Nanya ke suster, katanya dia lagi beberes koper2 dimasukin ke ruang perawatan. DISAAT GW KAYAK GINI GW DITINGGALIN T_T
sakitnya tu dsini *tunjuk perut*
Ampyuunnn, beruntung dia gw lagi kontraksi, kalo gak gw cubitinnnn! *gemesh*
Pas kontraksi ilang, buru2 jalan, ehhh baru 6 langkah kontraksinya dateng lagii! Jadilah gw pelukan mesraaahh sama tu pegangan pintu kamar sambil merem melek + ngempitin kaki slama 1 menit. *awkward i know!*  Dengan perjuangan, akhirnya sakseis juga gw nyampe ke kasur singgasana lahiran. Kontraksi makin intens, rasa ngedennya makin nikmaattt, trus gw baru sadar; DOKTER GW MANAAAAAHHH?!
Yaampuunn, obgyn gw blom nyampe2 T_T

Pas suster priksa dalem & bilang kalo gw udah bukaan 10 (lengkap), obgyn gw masuk kemringet "Bu cepet banget bukaannya, saya sampe lari2"

LAHHH DOKK, EYKE JUGA GATAU KOK CEPET BGINIII :O

Yesh dokter udah dateng, suster2 udah lengkap, alat2 udah siap, saatnya ngeden! Gausah dsuruh ngeeden juga otomatis udah ngeden sih tu bawah perut, jadi gw tinggal tarik napas panjang & ngeden panjanggg, alhamdulillah dek Aafiya udah lahir!

Seperti pas lahiran abang dulu, bapakke langsung ihik ihik mewek kenceng. Seriusan kenceng, sampe gw gak denger loh suara tangisannya adek T_T
i know, merusak momen keterharuan gw sebagai mamak2 beranak dua memang. Saya pasrah. Pasraaaahhhhhh...

Adek ditaroh di dada gw buat IMD, pertanyaan gw langsung ke dokternya "Dok, tolong diliat cewek atau cowok?" HAHAHHAHAH. Yaiya gw parno, soalnya adek nunjukin kelaminnya pas usg 4D doang pas 7bln, selebihnya diumpetin. Ya kan jadi parno, hihihihi...


Alhamdulillah sempet ikutan sesi hypnobirthing sama doula Bunda Wihda (IG: @bidandanbunda_homecare) yang sangat praktikal ilmu2  nya bisa dilatih drumah setiap hari sendiri, jadi sangat percaya diri untuk bisa lahiran normal, meskipun ada  ketakutan harus diinduksi lagi kayak lahiran yang pertama. Alhamdulillah ya Allah sudah Kau berikan lagi aku kesempatan untuk melahirkan secara normal spontan, menikmati setiap detiknya dengan bersyukur :)


Alhamdulillah, telah lahir putri kecil kita, Aafiya Humaira Azzahra, di tanggal 3 September 2017, dengan berat 3,18 kg, secara normal spontan.


Aafiya Humaira Azzahra, umur beberapa jam



Yang ditunggu2 bapakke 5th katanya :p

Pas mau check out dari RS




Yeay bisa dibandoin! :DD

Akhirnyaaaaaaaaaaaaaaaa bisa blanja bando unyu2, dress tutu warna warni, legging2 centil & sepatu2 pink! YEEESSHHHHH :DD


Note: Yang bikin merinding adalah..............
Kok abang Rafi bisa tau & yakin banget kalo adeknya bakal lahir di tanggal 3? Semuanya bener loh, adeknya lahir di tanggal 3, pagi, dan jalanan ga macet! :O
Oh abang abanggg, kok bisa?!
*antara merinding dan heran*
*bapakke bilang itu gift*
*gw bilang itu aneh*

No comments:

Post a Comment