Wednesday, December 20, 2017

Welcoming Cus Eka!

Yesh yesh YESH pake Cucus akhirnya! Hahahahha. Soalnya awalnya gw mikir ga perlu kali ah pake Cus (suster) wong gw udah full stay mom, megang anak dua gampil (gampang) lah. *chin up*
Ternyata saya jumawa buibu skalian 

Abis adek lahir, gw cuma pake 1 mbak yang khusus beresin rumah dari nyuci-nyapu-ngepel-nyetrika-bersih2 smua. Ternyataaaaa....gw susah bener mau mandi boro2 keramas , makan pun setengah2, sampe puncaknya pengen mewek pas abang cranky & adek meweknya barengan 
Saya lemah, ternyata lemaaaahhhhhh 

Tapi gw ga ngeluh ke Satya, gw dieeem aja pendam sendiri dalam hati yang manjah paripurna inih. Tsah. Tapi gimanapun feeling sejati seorang suami takkan pernah salah ya  *bweek*
Dia bilang "Kamu kecapean mamah. Kita harus cari mbak satu lagi buat bantu urus anak2."
Gw gengsi dong , gamau lah gw, maluuuu gitu loh masa' full stay mom masih dibantuin satu mbak lagi. Tapi kalo lo kenal suami gw pasti mudeng kalo dia itu ngeyeeeelll bin posesip, jadilah keluar kata2 saktinya dia: "Udah mam, nurut aja!"
YOWESS OKEEEHHH   

Harap buibu skalian ketahui (apaan sik ini), kalo gw sangat ga mau pake suster2 dari yayasan. Why alias kenafa?
- Mihil alias mahal bok!
Kayaknya rate suster2 buat megang newborn baby udah nembus 3juta perbulan deh. 
WHATTT?? Gilingan bajai kan, gw bayanginnya aja cenut2, wahahaha! Maklum lah, emak2 irit macem gw ni kalo denger kata jutaan tu mikirnya bisa buat kebutuhan2 lain yang lebih mendesak gitu loh misalnya jalan2 & shopping, eh gak deng.

- Potongan gajinya ke susternya juga gede.
Sering kesian kalo denger crita dari suster2 kalo mereka gajian tu dipotongnya gede banget sama yayasannya. Gw ga ngerti sik itungan pastinya kayak apa dan sampe kapan dipotongnya, tapi klo gw gaji mereka gede trus diambil juga sama yayasan, lah kesian dong mereka dapetnya ga seberapa padahal yang cape tiap hari ya mereka 

- Kelewat pinter.
Nah ini lebih ke ego gw sebagai mamak2 keceh sih, kalo gw gaji mereka mihil tapi malah mereka yang ga mau nurut karna mereka ngrasa lebih pinter, lha piye? Parahnya malah denger2 kalo suster2 itru malah yang ngatur2, majikannya jadi bingung. HAHAHHAHA beneran loh ada kasus begini! Ya karna mungkin pengalaman kerja mereka udah tinggi, atau mereka juga dasarnya udah di-training sama yayasannya ya jadi ngrasa kalo mereka udah advanced gitu loh. 

- Ga kenal (totally stranger).
Serem bok skarang sindikat penipuan & perampokan udah buanyaak banget, jadilah gw parnoan & ga gampang buat percaya sama orang2 baru. Jadi merinding kalo bayangin harus ambil ART/BS dari yayasan yang gw gak kenal sama skali background-nya, dan ga jelas juga yang bisa rekomen (jamin) siapa. Yayasan emangnya bisa jamin 100% kalo ni orang baik? 

Gw, personally,  lebih milih untuk nyari mbak2 dari kampung yang gw ambil dari rekomen orang2 yang gw percaya, daripada BS (babysitter yayasan), why:
- Gaji masih terjangkau.
Ya okelaaaaahhh, masih bisa gw sesuaiin sama expense log bulanan kita yang sederhana bin minmalis ini  Masih propoersional dan reasonable, gw berusaha fair sih, kayak tiap 3bulan gw naikin kalo kerjaan dia bagus bisa ngikutin standar yang gw mau (standar dari kebersihan, rapih & mau blajar untuk perbaikin keslahan). Untuk lebih fair-nya, biasanya gw tanya kanan kiri (tetangga) buat nanya standar gaji di sekitar sini berapa buat ART yang job desc-nya kayak mereka ini.

- Masih mau belajar.
Biasanya mbak2 dari kampung tu minim pengalaman. Tapi gw malah lebih seneng, karna mereka MAU BELAJAR. Yang penting itu mau belajar sik, daripada ngrasa pinter dan gamau belajar. Lah jadi gw yang kezel kan, kalo pas gw suruh sterilin botol2 misalnya, eh doi sterilinnya cuma pake air anget misal ga nurut pas gw ajarin kalo harus air mendidih. Hal2 kecil sih yang nentuin banget mereka mau blajar atau gak, dan biasanya kliatan di 3 bulan awal mereka kerja.

- Bisa lebih fleksibel dalam hal job desc.
Kalo BS dari yayasan mana mau bok dimintain tolong buat nyetrika2 
Nah kalo ART dari kampung tu biasanya sangat helpful, mau nyambi nyetrika & bantu2 urus rumah kalo anak2 lagi ga rewel. Ini yang gw suka! Fleksibel karna gw orangnya gampang spanneng kalo rumah brantakan 

- Ada penjaminnya.
Biasanya kalo gw ambil ART dari kampung, pasti ada temen atau sodara yang jamin dia ini orang baik karna mereka kenal baik orang itu. Jadi kalo ada apa2 ya kita bisa kejar penjaminnya. Setidaknya mereka ga enak kalo orang ini macem2 sama kita. 

Alhamdulillah, pas Satya nyuruh gw cari mbak satu lagi, pas bener ex-cus nya abang WA gw bilang kalo ada sodaranya yang nyari kerja. Gw bilang kalo gw butuhnya buat yang bantu urus anak2, eh kok pas orangnya katanya mau. Tapi karna domisilinya di lampung, jadilah gw interview by phone gayalah dikit macem HRD ajah. Karna udah klik dari interview pertama (gw rebyek, jujur aja, mau ambil orang bisa aja gw interview sampe 3x! ) langsung dese gw suruh brangkat minggu itu juga kerumah gw.

Yesh alhamdulillah, Cus Eka udah kerja sebulanan skarang. Anak2 dua2nya nemplok sama dese, gw juga nyambung tiap minta tolong apa dia bisa blajar untuk ngikutin standar gw yang mendekati OCD dalam hal kebersihan & kerapihan tapi blom OCD kok  trus mau fleksibel bantuin beres2 rumah kalo mbak ART ga masuk atau kurang bersih misalnya, bisa masak (PENTING BANGET INI. ANUGRAHMU YA ALLAH!! ), enden mau juga ngikutin kehebohan SS fams ini jalan2 kalo wiken yang bisa sharian sampe kaki fegel 

Cus Eka lebar banget ktawanya 
Semoga betah ya Cucus...semoga nikahnya ga buru2, smoga kalo nanti minta kluar mau nunggu sampe gw dapet Cucus baru. Aamiin! *doa yang kenceng* *sedakep*

No comments:

Post a Comment