Saturday, January 13, 2018

Abang Rafi Masuk SD Mundur Setaun, Trus Ngapain?

Okaiii, emang sik dari akhir taun 2016, gw dan duo emak2 keceh ituh udah survey ksana sini total 5 SD yang kita survey:


Enden, dari 5 SD ini, gw dan bapakke setujuh sepaket eh sepakat buat masukin abang ke SD Al-Hanief. Kita udah lope2 banget deh sama skolah ini. Karna visi misi-nya skolah ini kayak udah sehati sama kita, sehati juga tu skolah sama isi dompet kita,  *tetep dong edisi emak2 irit*


Nah the only problem is: umurnya abang. Pas taun ajaran baru 2017 (Juni 2017) umur abang baru 5th10bulan. Emakke ini deg-deg-ser gitu loh. Kok kayaknya masih piyik bener dah SD ajah. Okeh okeh I know, mommy always considers her son as lil boy forever. *pengakuan dosa*
Emang sik, dari guru2 Al-Hanief bilang, minimal umur 5th8bulan aja dah bisa masuk. Tapi tetep, insting mamak2 ini ga bisa nyantai.



Bapakke bilang yowes ikut tes masuknya aja dulu, ada psikotes pulak kan. Darisitu kita bisa buletin keputusan dong. Okelah, majulah abang ikut tes masuknya. Tes masuknya itu smacam per kelompok anak2 ini (termasuk 2 sobat2nya abang) duduk di kelas dikasih ke anak2 masing2 soal di kertas2 gitu. Ada disuruh nulis, berhitung, sampe soal cerita kalo ga salah. Setelah itu, ortu murid dipanggil ke ruangan Kepsek buat baca hasil cepatnya (macem Pilkada, yes?) 
Dan beberapa hari kmudian kita bisa dateng lagi ke skolah buat ambil hasil tes psikotesnya. 


Insting mamak2 itu emang jarang ga pernah salah ye. Pas kita baca hasil psikotesnya abang, ternyata emang secara psikologi abang blom terlalu siap, terlepas dari hasil tes masuknya yang surprisingly bagusss  
Gw emang bukan mamak2 yang nomersatuin akademis sik (yang penting anak2 jadi anak2 yang happy, I know cliche yes), jadi meskipun hasil tesnya bagus dan kata guru2 sono abang udah sangat capable untuk masuk SD, gw said NO. Dan alhamdulillahnya bapakke setuju, sehati sama emakke ini. *sehati terus yaaaaa, alhamdulillah* 


WHY? Because for me, again, I want my kids to be happy. Happy kids. Happy person. Happy soul. I know it's cliche, and I don't care what the heck people think of it.  *evil smile*
Kalo psikologinya ga siap, then be it. Mundur aja setaun. No prob, gw emang lebih seneng sik abang masuk SD-nya taun depan, di umur 6th10bulan. More mature, more prepared 


Gw juga banyak baca literatur kalo umur terbaik anak untuk masuk SD adalah 7tahun. 
Ni beberapa literatur yang menguatkan gw untuk masukin abang SD di umur 7tahun:


Okeh mundur setaun lah si abang, pertanyaan slanjutnya adalaaahhh.....trus abang ngapain dong setaunan ini sambil nunggu taun ajaran berikutnya?
Dan inilah yang banyak ditanyain buibuk sekitar gw (yang pastinya pada komen sayang banget abang kok mundur masuk SD-nya padahal temen2nya di TK udah pada masuk SD smua, well well well...), dan banyak juga yang nanya di komen2 di blog ini. Skalian gw jawab dsini yah yah yah!


Sebelom TK lulus2an, gw emang udah inisiatip buat nyariin abang tempat les2 yang menggali hobi2 dan ketertarikan dia diluar akademis.
TSAH.
Intinya, gw nyariin dia kegiatan diluar skolah formal lah ya. Biar ga bosen aja sik, ya kali blajaaaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrr muluk *macem emakke dulu* *trus trauma*
WAHAHAHHA. 
BLAAAR!


Dan tetepp, gw nyari2 tempat lesnya ya yang deket2 rumah sini, biar gampang aja sik. Alhamdulillah dalem komplek pun udah cukup lengkap sik tau banget emakke ini pemalas kalo harus anter-jemput anak kluar komplek.  
Wira wiri sana sini, akhirnya abang milih (yes I let him choose) ikut Robotics yang dari sesi trial aja doi dah gamau pulang, TPA (les baca tulis Iqra) yes ini gw yang minta sampe akhirnya abang punya banyak temen trus doi betah (YESSH!), dan trakhir 3A (smacam les baca tulis persiapan untuk masuk SD gituh). Nanti gw jelasin satu2 kegiatan2 abang ini yah.

- RoboticsRobotics Indonesia)
Robotics ini awalnya gw tertarik buat abang nyobain karna gw baca2 webnya ini pake media lego untuk bangun2 bentuk dari 2D, 3D sampe akhirnya anak2 bisa pake komputer (yang pake aplikasi khusus dan semi programming) buat bikin robot2 gitu. WOWH! First thought is, abang kan suka banget maen lego, dan dia punya tingkat curiousity yang tinggi buat hal2 yang berbau teknik gitu (yah tau sendiri ya, cita2nya aja jadi Teknik Mesin ). Dari yang gw baca2 sik Robotics ini emang nyenggol kearah sana sik, berbau2 teknik gitu tapi tetep menyenangkan dan sambil bermain karna pake media Lego.
Pertama kali ikut trialnya, abang langsung gamau pulang!  Instrukturnya pun seneng karna abang semangat banget buat bikin lego sesuai modul, padahal umurnya masih belom genap 5th waktu itu. Okelah, karna bocahnya smangat, emakke pun ikutan smangat buat bayar! 
















- TPA
TPA ini khusus anak2 dari TK sampe SMP, dan dekettt banget di mesjid dalam komplek juga. Awalnya cuma iseng2 ikutan duduk dulu deket2 temen2 yang lain, dari awalnya malu2 eh akhirnya setelah beberapa pertemuan abang mau juga ikutan kegiatannya. Sueneng dong emakke, bocahnya mau baca iqro (yang harus ngantri gitu, hihihi lucu banget liat anak2 kicik ngantri rapih gitu), ngisi LKS (yes buibuk, LKS macem kita duluuuu ) dari mewarnai huruf2 hijaiyah sampe angka2, hapalan2 doa juga ada sik, tapi namanya anak2 ya.....ya banyakan mainnya. Hihihihi, tu area mesjid udah kayak lapangan bola smua pada lari2an kejar2an 
Yaudalah ya, yang venting mau dulu masuk mesjid. YESSSSSSSSSSHH!

Mau manasik haji



Abang Rafi dan temen2nya 


- 3A
Sbenernya seblom abang ikut 3A ini, doi sempet ikutan Bimb* (taulah ya, itu loh les baca tulis yang terkenal). Tapi doi ngeluh bosen, ga smangat. Loh knafaaa? Ternyata abang yang kmaren ini udah cukup lancar baca (iya iya ngaku emakke galak, jadi dirumah maen sambil diselipin tes baca. HAHAHAHA!), lah di sono malah disuruh ulang baca A I U E O, ya macet lah alias mogok doi gamau balik lagi. Pas gw minta ke guru2nya buat abang bisa ikut plajaran yang sesuai sama kemampuannya, eh katanya prosedurnya emang semua murid harus ulang dari 0 dulu baru bulan brikutnya bisa ngikutin kemampuan murid. Yahhh tapi abang dah tlanjur ilfeel, jadilah emakke cari2 tempat les lain. Untungnya, ada mamak2 TPA yang rekomen 3A ini.

Pas abang trial, doi langsung hepi bener dan smangat! Karna gurunya pro-aktif dan justru trial itu untuk tau sejauh mana kemampuan abang dalam baca tulis (smacam Placement Test gitu kali yak). Jadi untuk slanjutnya ya tinggal ngerjain soal2 yang sesuai kemampuan abang. Kata gurunya, abang udah bisa ngerjain soal2 untuk kelas 1SD, jadi kalo les dsini nanti dikasih soal2 kelas 1 SD. Abang langsung okeh, dan lagi lagi.......emakke langsung disuruh bayar!  
Maap ya blom ada poto2nya di 3A, blom sempet poto2 nih, karna baru masuk juga skitar 2-3bulanan. Nanti kalo ada poto2nya di share lagi yah.

Yang pasti, abang sampe skarang smangat banget brangkat 3A, karna gurunya sabaaaaaaaaaaaaaaarrrr banget (heran, beli obat sabarnya dimana sik?), soal2nya slalu bikin abang tertantang untuk nyelesaiin (sampe gamau main sama temen2nya kalo soal2nya blom slesei dikerjain), dan suasananya juga homey jadi abang pun betah. Yang harusnya tiap sesi cuma 1.5jam, bisa molor jadi 2.5jam karna abang betah gamau pulang. 


Kegiatan les-nya abang emang ga penuh sih ya macem skolah (SD) justru niatan gw buat puas2in dia maen dulu setaunan ini, jadi nanti Juni 2018 doi dah siap 'berperang' sama pe-er2 dan jam skolah yang panjaaaaaaaaaaaaaang (beneran loh pulangnya aja jam 2 tiap hari ). Sore kalo abang gak ada kegiatan les, ya paling sepedaan sama emakke/bapakke. Atau malah kita jalan sore sambil cari jajanan (wahahahaa, ketauan banget ya kluarga kita ini tukang jajan semua, bweek!).


We just want our kids to be happy. Happy with their life, their journey to find their passion. 
Hey, pendidikan intu penting tapi bukan nomer satu loh. Buat apa jadi juara kelas kalo psikologi-nya 'sakit'? Buat apa IPK 3 tapi attitude 0? No no no...


The most important thing is....
Be happy!

2 comments:

  1. So proud of you mom...😍
    Setuujuuh bangeeett ngeett ama statement nya buat jadiin hidup anak bahagia dan gag harus pintar...😉
    Yg penting anak2 tau makna hidup dan bgaimana menghargainya...😇
    Jadi penasaran nih mom ama 3A... kasih penjelasan lebih dunkz, ada website nya gag mom..??? Koq bisa bikin anak betah dan sebagainya..😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heyy jeng thank you for reading & give comment ya :)

      Yesh, punya prinsip utk support anak2 utk kejar passionnya itu susah loh, disaat kanan kiri ngejarnya akademis smua & kita diliatin aneh sm emak2 yg lain krn dianggep idealis. HAHAHAHA! yoweslah ya biarin aja emakke dianggep aneh yg penting anaknya hepi menuju teknik mesin (critanya cita2nya mau jadi teknik mesin si abang).

      Soal 3A ini banyak yg nanyain, nanti dibikinin postingan khusus deh yaaa, stay tune yaaa!!

      Delete